Meriahnya Pelantikan Pengurus IODI Cabang Toba

TOBA – Organisasi Ikatan Olahraga Dancesport Indonesia (IODI) resmi berdiri dan dibentuk di Kabupaten Toba, Sumatera Utara.

IODI ini merupakan salah satu cabang olahraga baru dibawah naungan organisasi KONI.

IODI gabungan dari seni tari dan olahraga phisik yang membutuhkan kekuatan phisik (power) termasuk nuansa lain seperti jurus pencak silat.

Berdirinya IODI di Toba ini ditandai dengan peresmian dan pelantikan pengurus dengan mengambil sumpah oleh Ketua Umum IODI Sumatera Utara Tetty Wijaya di Cafe Sairo, Kecamatan Laguboti, Balige, Kabupaten Toba pada Sabtu (11/6/2022).

Pemkab Toba menyambut baik kehadiran organisasi ini, dengan hadirnya Wakil Bupati Toba Tonny M Simanjuntak serta pejabat lainnya di lokasi acara pelantikan.

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Toba Tonny M Simanjuntak menyampaikan, bahwa pihaknya siap bekerja sama lewat Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) demi kemajuan organisasi IODI.

Tonny berharap, agar organisasi yang diketuai Juli Martha Hutapea ini, supaya lebih sering berkoordinasi dengan pengurus KONI dan pihak Pemkab Toba demi pengembangan serta kemajuan kedepannya.

“Saya percaya kepada Boru Hutapea ini dapat menahkodai organisasi ini menuju kemajuan karena Ito Boru Hutapea ini saya kenal aktif sebagai pembina dan pegiat seni tari, sosok pendiri salah satu sanggar tari tradisional dan aktif pada kegiatan yang bernuansa tari dan kegiatan lainnya,” terang Tonny.

Tonny menyebut, dirinya baru mengetahui bahwa jenis olahraga ini, selain dance atau tarian ternyata ada sportnya (olahraga), hal inilah yang menjadi salah satu perbedaan dengan sanggar tari, tentu membutuhkan tenaga, teknik dan kekuatan fisik.

Wakil Bupati yang humble ini juga meminta KONI bersama IODI Kabupaten Toba, agar meluangkan waktu untuk melatih dancesport bagi para pegawai di organisasi perangkat daerah (OPD) Kabupaten Toba.

Mengingatkan agar dalam program KONI Kabupaten Toba segera mengikutsertakan IODI Kabupaten Toba, termasuk soal mata anggaran tahun anggaran 2023.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus IODI Sumatra Utara Tetty Wijaya, setelah menyerahkan bendera pataka kepada Ketua IODI Toba mengungkapkan, selamat bertugas kepada dewan pengurus serta berharap IODI Toba senantiasa mengutamakan dan menciptakan kerukunan kedamaian, disamping harus menunjukkan prestasi.

“Dalam waktu dekat, tanggal 6 Juli 2022 mendatang, IODI Sumut akan tampil di Palembang dan atlet IODI Toba akan disertakan pada cabang tradisional dance disana,” papar Tetty.

Dikatakan Tetty lagi, pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024, Sumatra Utara akan menjadi tuan rumah, termasuk pada cabang ini, dancesport akan menjadi sebuah agenda dan ia berharap IODI dapat merajut kebersamaan, persatuan dan prestasi.

Dewan Penasehat IODI Kabupaten Toba, Parlin Sianipar mengucapkan terima kasih atas kehadiran rombongan Wakil Bupati Toba serta dukungan yang diberikan baik berupa motivasi maupun dukungan kerjasama kepada organisasi IODI Toba.

“Kami akan memberikan perhatian kepada IODI yang baru dibentuk ini, dan akan berusaha melatih para generasi muda supaya cabang ini lebih dikenal secara luas dan berharap agar tarian tradisional bisa dimasukkan ke dalam dancesport,” sambutnya.

Pegiat sosial dan sosok sepuh kelahiran Toba ini berpesan kepada para pengurus supaya serius membina olahraga ini untuk mengangkat nama Kabupaten Toba, ikut berperan dalam visi Toba unggul dan bersinar.

Susunan pengurus IODI Kabupaten Toba periode 2022-2026 :

Pelindung : Bupati Toba.
Penasehat :
1. Parlin Sianipar.
2. Maradona Siregar.

Ketua Cabang : Julina Martha Hutapea.
Wakil Ketua : Noel Gabriel Situmorang.
Sekretaris : Asni Siahaan.
Wakil Sekretaris : Imanuel Niko Hermanto Napitupulu.
Bendahara : Gusvita Sri Karina Sihaloho.
Humas : S Sibuea dan Sarni Siagian.
Ketua Bidang Publikasi dan Dokumentasi : Jekson Lumban Tobing.

Turut hadir Ketua KONI Toba Maradona Siregar, Plt Asisten Administrasi Umum Very S Napitupulu, Plt Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Rusti Hutapea, Plt Kepala Bappelitbangda Sofyan Sitorus, dan Plt Kadis Kominfo Sesmon T.B Butarbutar.

Selain itu, Kabid Pemuda dan Olahraga Hendri Simarmata, Bagian Protokol Komunikasi Pimpinan Setdakab Toba, pengurus Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Toba, sejumlah insan media dan undangan lainnya. (JNS-JJ)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *