Jimmy Hutajulu Dilantik Menjadi PAW Kepala Desa Ompu Raja Hatulian Laguboti

Daerah, Ragam, Toba287 views

TOBA – Bupati Toba Poltak Sitorus melantik dan mengambil sumpah jabatan satu kepala desa pergantian antar waktu (PAW) periode 2017- 2023.

Kepala desa PAW yang dilantik di Aula Kantor Camat Laguboti oleh Bupati Toba berlangsung dengan sederhana dan penuh hikmat, Rabu (22/6/2022).

Yang dilantik Jimmy Hutajulu Kepala Desa terpilih Pengganti Antar Waktu (PAW) Desa Ompu Raja Hatulian, Kecamatan Laguboti, Kabupaten Toba, Sumut.

Bupati Toba berpesan kepada Kepala Desa yang baru dilantik, untuk benar-benar menghayati sumpah atau janji yang telah diucapkan.

“Seorang Kepala Desa agar tidak menyia-nyiakan tugas dan wewenangnya, untuk nantinya dipertanggungjawabkan dengan baik kepada masyarakat, pemerintah dan Tuhan yang Maha Kuasa,” katanya.

Perlu disampaikan, lanjut Bupati, Kepala Desa tidak menganggap dirinya raja, sebagaimana sering dikatakan orang bahwa pemilihan Kepala Desa ibarat merebut Harajaon (kerajaan). Akan tetapi Kepala Desa dapat disamakan dengan “Kepala Parhobas” di desa.

Karenanya, parhobas wajib melayani masyarakat, jabatan yang dimiliki bukan berarti Kepala desa akan memperoleh keuntungan dan kemudahan dari jabatan tersebut.

“Kepala Desa adalah pilihan rakyat, yang berarti masyarakat memberikan kepercayaan kepada kepala desa untuk memimpin dan membangun desanya, dengan tetap berpedoman pada peraturan perundang-undangan, menghindari KKN, menjalin hubungan yang baik dengan semua lembaga desa dan juga harus tampil sebagai teladan,” sambungnya.

Dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi, khususnya BPD, sudah barang tentu ada perbedaan pendapat. Perbedaan pendapat tersebut adalah hal yang wajar dalam kehidupan berdemokrasi.

Bupati Toba berharap, permasalahan dapat diselesaikan dengan ‘martonggo raja’ dan mengedepankan kepribadian batak na Raja, sebagai cara berdemokrasi untuk saling mengingatkan dan saling melengkapi, guna menghasilkan kebijakan-kebijakan yang terbaik dan bermanfaat bagi masyarakat.

Sebelum mengakhiri arahannya, Bupati meminta masyarakat agar menghidupkan kembali budaya gotong-royong di desa, dan tetap menunjukkan sikap yang ramah dan santun kepada wisatawan atau pengunjung yang datang ke Toba.

“Hadirin yang berbahagia, demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan. Selamat bekerja, kiranya Tuhan Yesus Kristus menyertai kita semua, dalam mengabdi dan membangun Toba yang kita cintai ini,”  sebutnya.

Acara pelantikan turut dihadiri  Pj Sekda Augus Sitorus, Plt Asisten Pemerintahan Eston Sihotang, Kadis PMD Henry Silalahi, Plt Kadis Budpar Rusti Hutapea, Plt Kadis Perkim, Kadis PPAKB dr Juliwan Hutapea, Plt Kasat Pol PP Harianto Butarbutar, Staf Dinas Kominfo, Kabag Prokopim Try Sutrisno P Samosir, Muspika Laguboti, beserta tokoh masyarakat, tokoh agama, dan pemuda setempat. (JNS-JJ)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *