Wali Kota Siantar Terima Audiensi Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Sumut

PEMATANGSIANTARWali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA dan Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah Sumatera Utara (Sumut) Dadan sepakat untuk mengoptimalkan pengoperasian Terminal Tipe A Tanjung Pinggir. Kehadiran terminal yang diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), 9 Februari 2023 lalu tersebut diharapkan menjadi pusat ekonomi baru serta dapat mengurangi kemacetan di inti Kota Pematangsiantar.

Kesepakatan terjadi setelah Susanti menerima audiensi Dadan di Kantor Wali Kota Pematangsiantar, Kamis (25/01/2024). Saat bertemu Dadan,  Susanti mengaku sangat bersyukur atas hadirnya terminal tersebut.

“Sekarang, bagaimana kita dapat mengoptimalkannya, dengan cara berkolaborasi. Pemko Pematangsiantar siap mendukung segala yang menjadi kemajuan Kota Pematangsiantar dan dapat dirasakan masyarakat langsung,” tutur dr Susanti, yang mengaku selama ini sangat menunggu kesempatan untuk bertemu pihak BPTD Wilayah Sumut demi pengoptimalan Terminal Tanjung Pinggir.

Masih kata  Susanti, Kota Pematangsiantar yang merupakan kota perdagangan dan jasa bisa menyokong pengoptimalan terminal tersebut dengan sejumlah aktivitas ekonomi.

“Untuk itu, ada infrastruktur yang harus dibenahi serta bagaimana menciptakan yang menarik di sana (Terminal Tanjung Pinggir),” ujar  Susanti.

Susanti menambahkan, Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar saat ini memikirkan pengadaan tanah untuk menciptakan pasar di sekitar terminal agar pasar pagi bisa dipindahkan ke lokasi tersebut.

“Kami siap berkolaborasi. Kami bangga memiliki Terminal Tanjung Pinggir,” tutup Susanti.

Sebelumnya, Kepala BPTD Wilayah Sumut Dadan didampingi Pelaksana Tugas (Plt) Koordinator Terminal Tipe A Tanjung Pinggir, Rita Sinaga menyampaikan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) ingin terus berusaha untuk mengembangkan dan mengoptimalkan terminal tersebut.

“Untuk itu kami ingin berkolaborasi dengan berbagai cara dalam mengoptimalkan terminal. Menteri sudah memberikan arahan agar mengoptimalkan terminal tersebut,” sebut Dadan.

Ditemui usai bertemu dr Susanti, Dadan mengaku kondisi Terminal Tanjung Pinggir belum maksimal.

“Terkait hal itulah, kami hadir di sini bertemu wali kota untuk bersama-sama meramaikan terminal. Ternyata gayung bersambut,” tukas Dadan.

Menurutnya, Susanti merespon positif serta sedang memikirkan pengadaan tanah sebagai pusat perputaran ekonomi di kawasan Terminal Tanjung Pinggir.

“Bagaimanapun, Kota Pematangsiantar merupakan kota perdagangan dan jasa,” ujar Dadan.

Hadir pada kesempatan ini, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemko Pematangsiantar Junaedi Antonius Sitanggang SSTP MSi, Kepala Dinas Perhubungan Drs Julham Situmorang MSi, dan Plt Kepala Dinas PUTR Sofian Purba SSos. (kb/rp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *