Persatuan Wartawan Polda Sumatera Utara Hadiri Pelantikan DPD HIMPAK Medan

MEDAN – Pengurus Persatuan Wartawan Polda Sumatera Utara (PWPSU) hadiri undangan pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Daerah Himpunan Masyarakat Pakpak (DPD HIMPAK) Kota Medan periode 2022-2027 di Hotel Madani Jalan Sisingamangaraja Medan, Sabtu (30/7/2022).

Sebelum pelantikan, panitia menggelar sesi hiburan dengan alunan khas musik Pakpak yang dibawakan oleh artis-artis lokal dan acara sangat meriah.

Pelantikan ini ditandai dengan penyerahan Pataka dari Ketua DPP Himpak, Citra Effendi Capah kepada Ketua DPD Himpak Kota Medan, Salim Padang yang didampingi Sekretaris, Efendi Romatua Kabeakan, Bendahara Nurmin Manik dan jajaran pengurus lainnya.

Dalam sambutanya, Citra Efendi Capah menyampaikan ucapan selamat dan sukses kepada pengurus DPD Himpak Kota Medan periode 2022-2027 yang baru dilantik.

“Semoga DPD Himpak Kota Medan bisa membawa harkat dan mengangkat martabat masyarakat suku Pakpak,” ujar Citra Efendi Capah, Sabtu (30/7/2022).

Selain melantik, Citra Efendi Capah menceritakan bahwa suku Pakpak merupakan salah satu suku yang ada di Sumatera Utara yang awalnya berdomisili dan berdiam di beberapa wilayah Kabupaten/Kota di provinsi Sumatera Utara.

Disebutkannya, ada lima (5) suak suku Pakpak yakni suak Pegagan berdomisili di Dairi, suak Kepas di Sidikalang, suak Klasen di Humbang Hasundutan (Humbahasa) dan Tapanuli Tengah (Tapteng), suak Boang di Subulussalam Kabupaten Aceh Singkil dan suak Simsim di Pakpak Bharat.

“Saya sampaikan suku Pakpak itu berbudaya dan cukup baik karena kami memiliki filosofi Pakpak ‘Sulang Silima’ dalam tatanan kekerabatan masyarakat Pakpak. Jadi Sulang Silima inilah yang mempererat hubungan antara Pakpak dengan Pakpak. Dengan adanya Sulang Silima ini kami masyarakat Pakpak dari 5 suak bisa saling berhubungan antara tutur dan suku lain,” ujar Citra Efendi Capah.

Ketua DPD Himpak Kota Medan, Salim Padang disaat memberikan keterangan pers, Sabtu (30/7/2022) (Foto:bonni)

Ketua DPD Himpak Kota Medan, Salim Padang, kepada JELAJAHNEWS.ID menyampaikan harapan usai dilantik. Pertama, membesarkan nama Himpak di seluruh pelosok Kota Medan. Kedua, akan memperkenalkan budaya Pakpak kepada semua masyarakat. Ketiga, akan bersinergi dengan pemerintah daerah atau Forkopimda.

“Kiranya pemerintah daerah mendukung dan memperhatikan program-progam kami, khususnya Wali Kota Medan,” ujar Salim.

Sementara itu, Dewan Pembina dan Penasehat Himpunan Masyarakat Pakpak, Mutsyuhito Solin dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada DPD Himpak Kota Medan periode 2022-2027.

“Jadi Himpak ini di Kota Medan sebenarnya sudah pernah ada tetapi vakum, oleh karena itu saya berharap di bawah kepemimpinan Salim Padang akan bisa mengibarkan Himpak di Kota Medan, karena sangat potensial untuk mengembangkan Himpak ini,” kata Wakil Bupati Pakpak Bharat itu.

Dikatakan Mutsyuhito Solin, secara ekonomis orang-orang Pakpak yang ada di Kota Medan berhimpun beberapa para pengusaha dan ASN. Di Himpak ini berkumpul beberapa ‘suak’ mulai dari Klasen, Pegagan, Kepas Simsim dan Boang.

“Kalau kota Medan ini bisa menjadi barometer untuk pengembangan Himpak secara keseluruhan. Dan kita selalu menjunjung tinggi budaya Pakpak di wilayah yang ada suak suaknya, dari pemerintahan sangat mendukung kemajuan Himpak ini,” ujarnya.

Sedangkan Ketua Persatuan Wartawan Polda Sumatera Utara (PWPSU) Burju Simatupang, melalui Kabid Humas Bonni T Manullang mengucapkan selamat kepada seluruh pengurus DPD Himpak Kota Medan yang baru dilantik.

Bonni menyampaikan semoga pengurus DPD Himpunan Masyarakat Pakpak (Himpak) Kota Medan periode 2022-2027 yang baru dilantik tetap solid dan menjadi salah satu motor penggerak pembangunan di kota Medan.

Di akhir acara panitia dan pengurus yang dilantik mengucapkan terima kasih kepada seluruh undangan yang telah mendukung sehingga acara pelantikan dapat terlaksana dengan baik, sukses dan lancar.

Pelantikan ini turut dihadiri Wakil Bupati Pakpak Barat Mutsyuhito Solin, Kapolrestabes Medan diwakili AKBP Jonni Aroma, Wakil Ketua DPRD Medan Rajuddin Sangala, Ketua PWPSU Burju Simatupang, Kadiv Humas Bonni T Manullang, Edison Harianja, Nortianna Manalu, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat Himpak. (JNS/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *