Perdana! Walikota Sidempuan dan DPRDSU Tanam Demplot Bawang Merah

SIDEMPUAN – Kelompok Tani (Poktan) Maju Bersama melakukan tanam perdana demplot bawang merah di Dusun 5 Desa Labuhan Labo Kecamatan Padang Sidempuan Tenggara, Kota Padang Sidempuan, Kamis (9/6/2022).

Tanam perdana ini dilakukan langsung oleh Walikota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution dan Anggota DPRD Sumut Fraksi PDIP Syahrul Ependi Siregar bersama Kades Labuhan Labo Adi.

Kepala Desa Labuhan Labo, Adi mengucapkan selamat datang kepada Walikota Padang Sidempuan dan rombongan telah berkenan hadir di sela-sela waktu kesibukannya.

Kadis Tanaman Pangan & Holtikultura Sumut, melalui kepala Seksi Tanaman obat Adri Nasution mengatakan, bantuan ini merupakan bantuan Provsu Sumut melalui Dinas Pertanian dan Holtikultura Sumatera Utara.

Adri mengatakan bahwa bantuan yang diberikan berupa bibit bawang merah untuk 5 hektar lahan pertanian, bibit cabe merah untuk 5 hektar lahan pertanian dan bibit kentang lahan pertanian 3 hektar.

Ia menjelaskan bahwa Provinsi Sumut masih mengalami kekurangan bawang merah sebanyak 30 persen yang dipasok dari luar.

“Jadi sampai saat ini kita hanya bisa mencukupi sekitar 70 % dari kebutuhan masyarakat Sumut,” ungkapnya.

Anggota DPRD Sumut Fraksi PDI Perjuangan, Syahrul Ependi Siregar dalam kesempatan yang sama menyampaikan bahwa pertanian merupakan salah satu program dalam RPJMD Gubernur Sumatera Utara.

“Gerakan tanam bawang merah ini merupakan program Gubsu yang kerjasama dengan DPRD Provsu melalui anggarannya,” ucapnya.

Syahrul berharap nantinya hasil panen ini jangan dijual semua, tetapi sebagian disisihkan menjadi bibit agar berkesinambungan.

Walikota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution pada arahannya mengatakan, bahwa kegiatan tanam bawang merah ini adalah dalam rangka memotivasi petani dalam penanaman bawang merah di kota Padang Sidempuan.

“Gubsu Edy Rahmayadi melalui Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provsu memberikan bibit bawang merah untuk 5 hektar lahan pertanian, bibit cabe merah untuk 5 hektar lahan pertanian dan bibit kentang untuk 3 hektar lahan pertanian di tahun 2022 ini,” beber Irsan.

Irsan ingin bantuan dari Provsu ini dapat diatur, agar dapat dimaksimalkan dan bila kelompok tani tersebut belum siap, maka akan lebih baik ditunda dahulu atau pun dialihkan pada kelompok tani yang sudah siap.

“Saya berharap nantinya jika sudah melakukan masa panen agar disisihkan sebahagian untuk kesinambungan penanaman bawang merah. Mudah-mudahan bibit yang disalurkan Gubsu melalui Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura ini dapat memberikan kemaslahatan bagi masyarakat khususnya di Kota Padang Sidempuan,” tutupnya. (JNS-Irul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *