Penggunaan Faskes di RSUD Porsea Relatif Rendah

TOBA – Kantor BPJS Pematang Siantar menyampaikan bahwa menurut penelitian singkat yang dilakukan menyebut, pasien yang menggunakan fasilitas kesehatan (faskes) baik rawat inap di RSUD Porsea, Kabupaten Toba jumlahnya masih relatif rendah.

Hal itu terungkap saat Kepala Cabang BPJS Pematang Siantar Kiki Christmar Marbun melakukan audiensi dengan Bupati Toba, Poltak Sitorus di ruangannya, Selasa (10/5/2022).

Menurut Kiki, dengan rendahnya jumlah pasien yang berobat ke RS milik pemerintah itu, maka potensi sumber penambahan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemkab menjadi berkurang.

Menanggapinya, Bupati Toba Poltak Sitorus didampingi Pj Sekdakab Toba Augus Sitorus menyampaikan ucapan terima kasih kepada BPJS atas informasi yang telah disampaikan.

Rendahnya kontak ke RSUD Porsea ini akan ditindak lanjuti. Kontak yang dimaksud meliputi konsultasi, berobat dan rawat inap.

“Sehingga kita bisa menilai puskesmas dan rumah sakit kita. Bagaimana pelayanan di sana?,” sebutnya.

Bupati menegaskan, untuk pelayanan kesehatan harus sebaik mungkin, sehingga pasien nyaman dan memilih berobat dan rawat inap di RSUD Porsea.

Lantas, Bupati langsung memerintahkan Plt Kadis Kesehatan dr Juliwan Hutapea supaya segera mengevaluasi ketersediaan obat dan pelayanan di rumah sakit milik pemerintah daerah itu.

“Karena fasilitas kamar sudah representatif. Bahkan jumlah dokter umum dan dokter spesialis sudah relatif banyak yang stand by di sana,” ucapnya.

Hal lainnya diterangkan Kiki, soal kapasitas BPJS dan rencananya secara berkala mendatangkan laboratorium pemeriksaan penyakit kronis ke Kabupaten Toba.

Pihak BPJS berharap dukungan pemerintah pusat dan pemerintah daerah/kabupaten yang sangat berperan dalam meningkatkan pelayanan kesehatan, fasilitas, standar, dan mutu pelayanan.

Turut hadir mendampingi Bupati, Asisten Perekonomian Jonni D P Lubis, Direktur RSUD Porsea, dr Tommy Siahaan, Plt Kadis Kominfo Sesmon TB Butarbutar dan Kabag Protokol Komunikasi Pimpinan Try Sutrisno Pandapotan.

Selain itu, dari beberapa kayawan beraudiensi, Kepala BPJS Kabupaten Toba Dolok Erikson Siagian, Kepala Bidang Penjaminan Layanan Rujukan, Chandra Istanti Prasetyo, dan Staf BPJS Kabupaten Toba Rebekka Sianipar. (JNS-Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *