Meriahnya Pembukaan MTQ ke 8 Tingkat Kecamatan dan Festival Nasyid ke 9 di Angkola Selatan

TAPSEL – Pagelaran Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kecamatan ke 8 dan Festival Nasyid ke 9 resmi dibuka oleh Bupati Tapsel H Dolly Pasaribu melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Parulian Nasution di halaman Kantor Camat Angkola Selatan, Jumat (11/2/2022).

Pagelaran MTQ itu diikuti 13 Desa dan 4 Kelurahan se-Kecamatan Angkola Selatan, Kabupaten Tapanuli Selatan.

Kegiatan MTQ ini dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 11 Februari 2022 hingga 13 Februari 2022.

Kali ini MTQ ke 8 tingkat Kecamatan mengusung tema ‘Kita mantapkan pemahaman dalam rangka meningkatkan dan memantapkan tujuan kita untuk meningkatkan masyarakat yang lebih sehat, cerdas dan sejahtera’.

Tema tersebut dimaknai untuk meningkatkan pemahaman nilai-nilai kandungan Al-Qur’an sehingga dapat dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sekda Tapsel Parulian Nasution mengatakan, MTQ dapat dimaknai sebagai penggalangan persatuan dan kesatuan agar umat semakin kuat, kokoh, dan tangguh. Sehingga dengan MTQ umat menjadi mengerti bagaimana membaca Al Quran dengan tartil (benar).

“Dengan MTQ bisa mengembangkan syiar-syiar Allah yang Mulia,” ujar Sekda Parulian Nasution, Sabtu (12/2/2022).

Sekda berharap dengan semangat pagelaran MTQ tersebut tetap menggelora, maka rahmat dan barang siapa yang turut mengembangkan syiar-syiar Allah, dia termasuk golongan orang-orang yang bertakwa.

Menurut Sekda, sejak Tapsel dipimpin mantan Bupati Syahrul M Pasaribu, telah menjadi pilot project bagi daerah-daerah lain dalam hal pembinaan program keagamaan.

Ia menyebut, program keagamaan antara lain pengajian Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT), berbagai Safari mulai dari Maulid, Ramadan dan bahkan Muharram.

“Di Tapanuli Selatan, kalau ingin majukan rakyatnya, memang kehidupan beragama itu harus dibina dengan baik,” tuturnya.

Bukan hannya itu, tukas Sekda, Pemkab Tapsel juga mencurahkan perhatian terhadap guru-guru agama, seperti guru madrasah, imam masjid, bilal mayit dan sebagainya.

“Banyak daerah yang memuji Kabupaten Tapsel. Dengan adanya MTQ ini diharapkan ada peningkatan kualitas pendidikan terpadu antara iman dan takwa,” bebernya.

Untuk itu, pendidikan umum dan keagamaan harus sejalan sehingga Tapanuli Selatan khususnya Kecamatan Angkola Selatan semakin jaya.

Disamping itu, Camat Angkola Selatan, Dody Kurniawan Siregar menyebutkan pembukaan MTQ tingkat Kecamatan ke 8 dan Festival Nasyid ke 9 ini diikuti 13 desa dan 4 Kelurahan se-Kecamatan Angkola Selatan.

“Oleh karena itu, kami berharap dengan pelaksanaan MTQ dan Festival Nasyid ini dapat mempererat hubungan tali silaturahmi diantara kita sehingga tercipta kekompakan dan kebersamaan di Kecamatan Angkola Selatan,” ujar Camat Angkola Selatan, Dody Kurniawan Siregar.

Perlu diketahui, lanjut Dody, saat ini bangsa kita masih dilanda pandemi Covid-19. Olehnya, Ia meminta ke seluruh masyarakat Angkola Selatan untuk selalu mentaati protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah, dan bagi yang belum divaksin agar segera mengikuti vaksinasi.

Dalam kesempatan itu, Camat Angkola Selatan, Dody Kurniawan Siregar mengucapkan selamat bertanding kepada para kafilah MTQ dan Festival Nasyid, dan bertandinglah secara sportif. (JNS/Irul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *