Lapas Sidempuan Bersama Stikes Darmais Gelar Penyuluhan Bahaya Narkoba

SIDEMPUAN– Lapas Kelas IIB Padang Sidempuan (Psp) bersama Stikes Darmais Padang Sidempuan menggelar Penyuluhan Bahaya Narkoba di Aula Lapas Padang Sidempuan, Senin (16/01/2023).

Kalapas Kelas IIB Psp, Japaham Sinaga melalui Kepala Seksi Binadik dan Giatja, Elfrida Sry Mulyani Hutashut mengatakan, pihaknya bersama 10 orang Mahasiswi STIKES Darmais melaksanakan penyuluhan tersebut guna meminimalisir penggunaan narkoba.

Dalam kegiatan tersebut, Mahasiswa juga di dampingi Dosen Stikes memberikan penyuluhan tentang bahaya Narkotika, Psikotropika, obat-obatan terlarang, dan zat adiktif (NAPZA) terhadap Warga Binaan Lapas Padang Sidempuan.

Elfrida dalam sambutanya menyampaikan, bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kita khususnya bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas llB Padang Sidempuan.

“Mohon mengikuti kegiatan ini dengan baik, karena penyuluhan ini bermanfaat bagi kita semua, supaya kita dapat mengetahui bahaya dari pada penyalahgunaan Obat-Obatan terlarang secara Khusus Narkotika ,” ujar Elfrida.

Salah satu Mahasiswa jurusan Kesehatan Stikes Padang Sidempuan, Listiani dalam paparanya menjelaskan beberapa jenis narkoba dan dampaknya bagi kesehatan.

“Dampak sosial dari penyalahgunaan Narkoba ini, salah satunya adalah menjadi anti sosial dan hubungan dengan keluarga menjadi tidak harmonis. Selain itu, dampak yang paling fatal adalah tertular penyakit Hepatitis dan penyakit HIV/AIDS dan menyebabkan kematian,” ungkapnya.

Sementara itu, Dewi Aminasty Siregar yang merupakan Dosen sekaligus Wakil Ketua Kemahasiswaan menjelaskan, untuk menghindari penyalahgunaan Narkoba ada beberapa yang harus di lakukan.

Yang pertama adalah komitmen dari diri sendiri, selanjutnya adalah mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dan yang terakhir adalah menghindari lingkungan dan pergaulan yang tidak sehat.

Di akhir kegiatan Penyuluhan Bahaya Narkoba, Mahasiswi-Mahasiswi STIKES Darmais Padang Sidempuan melaksanakan pemeriksaan kesehatan bagi warga binaan Lapas kelas llB Padang Sidempuan.

Usai kegiatan tersebut, Giatja, Elfrida mengucapkan terima kasih kepada STIKES Darmais atas terselenggaranya kegiatan tersebut dan berharap kegiatan ini membawa dampak yang baik bagi WBP Lapas Padang Sidempuan dan STIKES Darmais.

“Terimakasih banyak kepada STIKES Darmais atas kegiatan ini, semoga bisa membawa dampak baik bagi WBP Lapas Sidempuan dan semakin sukses dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat,” ucapnya.(JN-Irul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *