KFC Danau Toba Rally 2023, Wabup Simalungun: Event Ini Diharapkan, Geliat Perekonomian Masyarakat Bangkit

SIMALUNGUN – Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumatera Utara kembali menggelar event Nasional, KFC Danau Toba Rally 2023 yang berlangsung 24 – 25 Juni 2023 di wilayah Kabupaten Simalungun.

Secara resmi, sebanyak 39 peserta KFC Danau Toba Rally 2023 di lepas oleh Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) H Musa Rajekshah dari Taman Hutan Industri TPL Aek Nauli-Parapat Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Simalungun, Sumatera Utara, Jumat sore (23/06/2023).

Saat melepas peserta rally tersebut, Wagubsu didampingi Wakil Bupati (Wabup) Simalungun H Zonny Waldi bersama Ketua Badan Pengawas IMI Jeffrey JP, Ketua IMI Sumut Harun Mustafa Nasution, Direktur Utama PT Toba Pulp Lestari Venkateshwarlu Ceruku, Bupati Samosir, Bupati Dairi, Bupati Pakpak Bharat dan Kapolres Simalungun.

Seluruh peserta akan adu kecepatan di 9 Special Stages (SS) dengan jarak tempuh 151,23 km yang melintasi wilayah Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Dolok Panribuan dan Pamatang Sidamanik. Sebanyak tujuh mobil balap berspesifikasi Asia Pacific 4 (AP4) dan R5 (WRC2) dipastikan tampil diajang KFC Danau Toba Rally kali ini.

Wakil Bupati Simalungun dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Pembina Rally dan Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumut, secara berturut menggelar Rally di Tano Habonaron Do Bona. “Dan ini merupakan yang ke empat kalinya di gelar di Kabupaten Simalungun,”kata Wakil Bupati.

Tak lupa Wakil Bupati juga mengucapkan selamat datang kepada peserta rally yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia termasuk Sumatera Utara.

“Semoga selama mengikuti event ini, mendapat perlindungan dari Tuhan Yang Maha Kuasa, diberikan kesehatan dan semangat, sehingga Rally KFC Danau Toba 2023 ini berjalan dengan tertib, aman dan lancar,”ucap Wakil Bupati.

Disampaikan Wakil Bupati, dengan diadakannya rally ini, geliat pariwisata dan perekonomian masyarakat di kawasan Danau Toba sebagai daerah pariwisata super prioritas dapat bergerak kembali setelah pandemi covid.

“Dari pelaksanaan rally ini, hunian hotel di kota Parapat meningkat. Demikian juga halnya dengan restoran banyak pengunjungnya. Artinya dengan adanya event ini diharapkan geliat perekonomian masyarakat kembali bangkit,”sebut Wakil Bupati.

Sementara itu, Wagubsu H Musa Rajekshah menyampaikan kepada para peserta selamat bertanding di KFC Rally Danau Toba 2023. “KFC Danau Toba Rally sudah dibuka, saya ucapkan selamat bertanding untuk seluruh peserta,”kata Wagubsu.

Tahun 2023, Sumatera Utara masih menjadi tahunnya event balapan rally, baik nasional hingga tingkat Asia-Pasifik. Pasalnya Federation Internationale de I’Automobile (FIA) telah menentukan Sumatera Utara menjadi tuan rumah dua seri Asia Pasific Rally Championship (APRC).

“Kami berterima kasih karena Sumatera Utara menjadi tuan rumah disalah satu seri kejuaraan nasional yang dari IMI pusat sudah mengagendakan tahun ini ada empat seri. putaran pertama di Sumatera Utara yang kita laksanakan ini, putaran kedua Agustus di Kalimantan Selatan, putaran ketiga kembali ke Sumatera Utara sekaligus juga jadi rangkaian seri APRC putaran ke empat dan November kembali lagi ke Sumatera Utara, Kejurnas putaran ke empat sekaligus penutup final around APRC,” ujar Wagubsu.

Wagubsu mengaku, melaksanakan kejuaraan rally tidak mudah tapi pihaknya bersama IMI Sumatera Utara terus berkomitmen sehingga WRC bisa kembali ke Sumatera Utara. “Membuat rally ini memang tak mudah, kalau WRC bisa kembali lagi ke sini pasti luar biasa dampaknya tak hanya untuk Sumatera Utara tapi buat Indonesia,” katanya.( kb/rp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *