Kembangkan Obat Herbal, Bupati Toba Terima Audiensi SMK Arjuna Laguboti

TOBA – Sekolah Mengengah Kejuruan (SMK) Swasta Arjuna Laguboti melakukan kunjungan dan audiensi dengan Pemerintah Kabupaten Toba mengenai pengembangan obat herbal di ruang kerja Bupati, Rabu (6/4/2022).

Bupati Toba Poltak Sitorus menerima kunjungan Kepala Sekolah Sitor Butarbutar, Josep Manurung (Guru Produktif Farmasi) dan 2 orang siswinya. Sementara, audiensi ini untuk menindaklanjuti perjanjian kerjasama antara Pemkab Toba dengan PT Indofarma.

SMK Swasta Arjuna Laguboti meminta bimbingan dan arahan dari Pemkab Toba, sebagai tindak lanjut dari penandatanganan perjanjian kerjasama pada 25 Februari lalu.

Pasalnya, jangan sampai penandatanganan MoU tersebut berakhir dengan begitu saja, mengingat masa waktu perjanjian hanya selama satu tahun, dan saat ini sudah hampir berjalan dua bulan.

Diketahui, bahwa selama ini SMKS Arjuna Laguboti melakukan penelitian terhadap tanaman obat, hanya sebagai pemenuhan kurikulum produk kreatif, akan tetapi produk tersebut belum layak untuk dipasarkan. Salah satunya adalah penggunaan daun binahong sebagai betadine herbal.

Kepala Sekolah Sitor Butabutar berharap, kreatifitas anak didik dan guru dapat dikembangkan dengan dukungan dari Pemkab Toba untuk mensuplai kebutuhan tanaman obat.

Pemerintah Kabupaten Toba melalui Dinas Koperindag, siap untuk melakukan pengawasan, jangan sampai obat yang diproduksi tidak sesuai dengan standar obat nasional.

Pemerintah juga akan melakukan sosialisasi dan mendorong petani menanam tanaman obat tersebut, apabila PT Indofarma sudah bersedia menampung, dan sudah bisa diproduksi secara massal.

“Tapi itu tidak bisa kami lakukan, tanpa ada jaminan dari Indofarma, untuk menampung itu. Dan kita tidak ingin masyarakat rugi karena tenaga, biaya, pupuk dan segala macam, sudah pasti nanti dikeluarkan mereka,” kata Bupati Poltak Sitorus.

Namun, untuk mengetahui porsi masing-masing, akan dilakukan pertemuan lanjutan dengan PT Indofarma baik secara virtual ataupun secara langsung.

Turut hadir dalam audiensi, Asisten Ekonomi Pembangunan Jonni Lubis, Kadis Pertanian T H Sitorus dan mewakili Dinas Koperindag. (JNS/JJ)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *