Gereja GEPKIN Gelar Sinode dan Mubes Nasional di Tarutung

Daerah, Taput163 views

TAPANULI UTARA – Gereja Pantekosta Kudus Indonesia (GEPKIN) salah satu sinode gereja akan melaksanakan Musyawarah Besar (Mubes) di Hotel Hineni Tarutung, Kabupaten Taput dari tanggal 8-10 Nopember 2021.

“Harapan terbesar, munculnya pemimpin baru yang akan menahkodai Gereja GEPKIN 5 tahun mendatang dan sesuai tema besar. GEPKIN akan mempersiapkan yang layak bagi Tuhan dan Gereja yang berkontribusi aktif dalam pembangunan manusia dan bangsa,” kata Ketua Sinode GEPKIN, Pdt Donald Pieter Sinaga dalam siaran persnya yang diterima kru media ini, Rabu (3/11/2021) di Tarutung.

Ia mengemukakan tema besar Mubes kali ini adalah “Mempersiapkan Umat Yang Layak Bagi Tuhan”, sesuai tertulis dalam nats Lukas 1 ayat 17. Dan, agenda utama lima tahunan ini akan memilih Ketua Sinode Gepkin periode tahun 2021-2026.

Dan Mubes ini akan mengamandemen Anggaran Dasar (AD) serta merumuskan program kerja 5 tahun ke depan. Namun akan terlebih dahulu menentukan pimpinan sidang serta laporan pertanggung jawaban Ketua Sinode dan pandangan umum Gereja-Gereja Gepkin.

Selanjutnya, dirangkaikan dengan penahbisan 15 orang Pendeta baru untuk melayani di Gereja GEPKIN di sejumlah wilayah di Indonesia.

Informasinya, Mubes akan dihadiri 120 Pendeta dari Gereja GEPKIN seluruh Indonesia dan akan dibuka resmi Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan dan Dirjen Bimas Kristen Kemenag Sumatera Utara, Dr Arnold Napitupulu.

Dilanjutkan Pdt Donald, filosofi praktis tema besar antara lain “terus serius mempersiapkan pendeta yang pengetahuanya secara berkesinambungan dan diperlengkapi, Pendeta yang kehidupan rohaninya diurapi dan kehidupan keseharian Pendeta yang karakternya teruji dan terpuji.

Ia menginformasikan, ditengah pandemi Covid-19 pelaksanaan Mubes akan diterapkan dan seluruh peserta terlebih dahulu akan melakukan Swab antigen.

“Bapak Bupati Taput sangat mendukung. Sebab, ada kebanggan tersendiri bagi beliau, kalau selama ini acara secara nasional di Taput masih di dominasi HKBP, untuk pertama sekali salah satu sinode gereja juga mengadakan gelaran nasional di Tarutung. Bahkan beliau berencana menjamu seluruh Pendeta GEPKIM,” ujarnya.

Dijadwalkan, mubes juga akan menghadirkan sejumlah pembicara yakni Dr Badikenita Sitepu Anggota DPD-RI dapil Sumut.

“Kalau sampai diminta, saya bersedia. Kemajuan sinode tanggung jawab semua orang dan tidak ada yang boleh menghindar dari tanggung jawab,” pungkasnya.

Sebagai penanggung jawab Mubes, Ketua Sinode Gepkin Pdt Donal Pieter Sinaga, Sekretaris Jenderal Pdt Timotius Situmorang, Ketua Panitia Pdt Gideon Sinaga dan Sekretaris Pdt Drs Jonny Hutagalung. (Ganda).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *