Capai Perubahan 360 Derajat, Wakil Ketua DPRD Apresiasi Kantor Imigrasi Sibolga

SIBOLGA – Kepala Kantor Imigrasi Sibolga, Saroha Manullang menerima kunjungan kerja Wakil Ketua DPRD Kota Sibolga Jamil Zeb Tumori di ruang kerjanya, Jumat (15/10/2021).

Dalam kunjungan kerja tersebut, Saroha menyampaikan terima kasih dan rasa bangganya atas kunjungan Wakil Ketua DPRD Kota Sibolga di Kantornya.

“Kami mohon dukungan dan masukan dari DPRD kota Sibolga demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” pungkas Saroha Manullang mengawali pembicarannya.

Dikatakan Saroha, saat ini salah satu fokus utama adalah pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK), dan Imigrasi Sibolga merupakan salah satu satuan kerja yang diusulkan ke Tim Penilai Nasional Menpan RB.

Perubahan yang dilakukan saat ini, lanjut Saroha, bukan hanya berupa fisik bangunan dan ruangan pelayanan semata. Namun jauh lebih penting adalah membangun pola pikir dan komitmen kepada seluruh jajaran.

Olehnya, ia memastikan seluruh pegawainya bebas dari pungutan liar (Pungli) maupun gratifikasi, serta meninggalkan paradigma lama dan berorientasi melayani tanpa pamrih sesuai dengan motto Imigrasi Sibolga Melayani Sepenuh Hati.

“Saya pastikan bahwa seluruh pegawai di Imigrasi Sibolga bebas dari pungutan liar dan gratifikasi,” tukasnya.

Beberapa inovasi dipaparkan Saroha Manullang, diantaranya HORAS (Hampiri Orang Sakit, BAPER (BAP Paspor Sehari), MESRA (Melayani Saat Istirahat), dan Kompensasi Layanan Paspor diantar ke rumah jika melebih batas waktu penyelesaian, pelayanan eazy passport yang sudah dilakukan ke beberapa tempat diluar kantor imigrasi, serta rencana pembangunan UKK di Mandailing Natal.

Disamping itu, waktu lalu Kantor Imigrasi Sibolga telah mengundang narasumber dari BPJS Ketenagakerjaan dan melaksanakan kegiatan In House Training untuk memberikan pelatihan budaya pelayanan prima kepada seluruh jajaran.

“Dengan penerapan Budaya 3S (Senyum, Salam, Sapa) serta cara berkomunikasi yang humanis kepada masyarakat sebagai pengguna layanan, diharapkan petugas kami dapat memberikan pelayanan terbaik setiap saat,” ujar Saroha.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Sibolga Jamil Zeb Tumori, menyampaikan rasa bangga dan kagum atas beberapa capaian yang sudah dilakukan Imigrasi Sibolga di masa kepemimpinan Saroha Manullang. Kehadiran Imigrasi Sibolga, saat ini menarik perhatian apalagi sejak diluncurkannya Jingle Imigrasi Sibolga beberapa waktu lalu.

“Selain memberikan gambaran semangat melayani sepenuh hati, beberapa potensi yang ada di Kota Sibolga juga turut ditampilkan dalam jingle tersebut. Saya mendukung Imigrasi Sibolga meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK),” kata Jamil.

Tampak hadir, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kota Sibolga, Sanco Manullang beserta 3 orang staf dan perwakilan awak media Sibolga-Tapteng. Selain itu, usai pertemuan mereka keliling bersama melihat ruang pelayanan dan segala fasilitas yang ada di Kantor Imigrasi Sibolga.

Diantaranya, ruangan media centre, ruang pelayanan yang nyaman, ruang tunggu prioritas bagi lansia, ibu hamil dan disabilitas, ruang foto dan wawancara yang transparan, taman bermain anak, ruang laktasi, layanan pengaduan, kacamata baca, pojok baca, makanan dan minuman gratis bagi pemohon, lemari gratifikasi, wifi gratis, alat bantu bagi kelompok rentan, jalur disabilitas, serta adanya duta layanan yang selalu siap melayani pemohon.

“Saya kagum dan tidak menyangka kondisi sekarang sudah jauh berbeda. Ini bisa menjadi contoh untuk instansi lain di Kota Sibolga dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dan perubahannya 360 derajat,” puji Jamil diakhir kunjungannya. (BTM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *