Bupati Karo Buka Lomba Rumah Sehat Kabupaten

Karo11 views

KAROBupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang buka acara Lomba Rumah Sehat di Kabupaten Karo Tahun 2023 yang dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Karo, Selasa (29/08/2023).

Lomba Rumah Sehat ini merupakan media untuk mendorong masyarakat dalam meningkatkan kondisi rumah dan kondisi hidup yang lebih baik, serta untuk mengedukasi masyarakat dalam meningkatkan kondisi rumah yang sehat untuk setiap keluarga.

Lomba Rumah Sehat ini bertujuan untuk mempromosikan praktik kebersihan di tingkat rumah tangga dengan menekankan pada kerjasama tim dalam keluarga dan masyarakat.

Dalam sambutan Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang menyampaikan bahwa berdasarkan data yang diperoleh, Kabupaten Karo hanya memiliki 17,7% yang terdata melakukan pola hidup bersih dan sehat.

“Lomba ini tidak hanya untuk menilai perilaku masyarakat tentang kebersihan, tetapi juga untuk mempromosikan praktik kebersihan serta kerja sama antar suami, istri dan anak dalam menjaga kebersihan rumah dan lingkungannya, juga memberi penghargaan kepada keluarga dan masyarakat dalam mempraktekkan kebersihan dan kesehatan,” ungkap bupati karo.

Dikatakan bupati, dengan kerjasama yang baik dari masyarakat dan pemerintah desa, dukungan kecamatan serta komitmen kuat pemerintah daerah kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan baik sesuai dengan harapan kita bersama.

Bupati Karo berharap kedepannya semua masyarakat dapat mewujudkan rumah sehat diseluruh Kabupaten Karo. Selain itu Bupati Karo juga menginstruksikan kepada seluruh Camat dan Kepala Desa untuk tetap dan lebih meningkatkan kegiatan gotong royong setiap hari jumat.

Lomba ini bekerja sama dengan berbagai pihak, baik dari pemerintah Kabupaten Karo, termasuk Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Lingkungan Hidup, Bappedalitbang, DPMD, DP3AP2KB, dan Kecamatan dan didukung dari berbagai Privat Sector, dengan memahami bahwa semakin banyak pemangku kepentingan yang terlibat, semakin luas cakupan audiens dan potensi kolaborasi praktik kebersihan Kabupaten Karo.

Seusai pembukaan acara ini dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis peralatan kebersihan dan plakat untuk 6 desa yang melaksanakan program MECIHO. Program MECIHO ini bertujuan untuk secara langsung memberdayakan masyarakat dan meningkatkan kesehatan, kebersihan dan kondisi kehidupan rumah tangga di masyarakat Karo.

Program ini dilaksanakan di 3 Kecamatan pada 6 Desa di Kabupaten Karo yakni Desa Nangbelawan dan Desa Ndokum Siroga (Kecamatan Simpang Empat), Desa Jaranguda dan Desa Cinta Rakyat (Kecamatan Merdeka), Desa Tanjung Barus dan Desa Sarimanis (Kecamatan Barusjahe).(Jai)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *