Wali Kota Pematangsiantar Apresiasi Penurunan Angka Stunting Tahun 2023 di Angka 6,6 Persen

PEMATANGSIANTAR – Wali Kota Pematangsiantar Susanti Dewayani membuka kegiatan Konvergensi Aksi III Rembug Stunting, di Hotel Sapadia Pematangsiantar, Rabu (12/06/2024).

Dalam sambutannya, Susanti mengapresiasi angka Stunting Kota Pematangsiantar tahun 2023 yang turun 6,6 persen dibandingkan tahun 2022, dan menjadi terbaik III di Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Menurut Susanti, hal yang mempengaruhi potensi penurunan stunting mulai kondisi ibu hamil dan perekonomian keluarga prasejahtera.

“Saat ini kita membuat program 16 kelurahan menjadi Potensi Lokus Stunting. Para camat dan lurah harus berkolaborasi untuk menurunkan angka stunting di wilayah kerjanya,” kata Susanti.

Susanti melanjutkan, penurunan Stunting tidak dapat bergerak sendiri, sehingga harus bergerak bersama dalam melakukan inovasi. Sehingga cita-cita dapat terwujud.

“Kalau kita bersama-sama, tidak ada yang berat. Mari kita jadikan sebagai penyemangat untuk terus menjalankan yang terbaik untuk Kota Pematangsiantar. Kita sama-sama bergerak mensukseskan program pemerintah yang menjadi fokus dan atensi Bapak Presiden. Selamat berjuang sebagai pelayan masyarakat. Kita akan dapat memperbaiki penurunan angka Stunting,” sebut Susanti.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P2KB) Kota Pematangsianțar Hasudungan Hutajulu, SH mengatakan, saat ini patut disyukuri, karena berdasarkan Survei Penilaian Kesehatan, angka Stunting Kota Pematangsiantar turun 6,6 persen dari tahun 2022 ke tahun 2023, dan menjadi terbaik III di Sumut.

“Dimohonkan kepada OPD terkait untuk dapat melakukan percepatan penurunan stunting. Camat dan lurah sebagai Locus Stunting,” katanya, seraya menambahkan saat ini juga dilakukan Launching Sekolah Lansia Tingkat Kota Pematangsiantar.

Sementara itu, perwakilan BKKBN Provinsi Sumut Syamsu Rizal Lubis mengatakan, untuk melakukan penurunan Stunting terintegrasi, perlu dilakukan kolaborasi dengan sektor dan lembaga non pemerintah.

“Bila ditangani secara baik, semua akan bisa teratasi dengan kolaborasi dan gotong royong yang baik,” ujarnya.

Acara diisi dengan penandatanganan Komitmen Penurunan Angka Stunting di Kota Pematangsiantar. Acara juga ditandai pemaparan langsung dari dr Susanti tentang Program Penurunan Angka Stunting di Kota Pematangsiantar dan pemaparan perwakilan BKKBN Provinsi Sumut.
(kb/rp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *