Tekan Penularan Covid-19, Polres Toba Melakukan Tracing di Desa Narumonda

TOBA – Jajaran Polres Toba melakukan tracing terhadap warga positif Covid-19 di Dusun I Narumonda V Kecamatan Siantar Narumonda Kabupaten Toba, Jumat (18/2/2022).

Humas Polres Toba Iptu Bungaran Samosir mengatakan, setelah dilakukan testing Swab antigen Sars-Cov-2 terhadap kontak erat dengan 5 orang, hasilnya baik dan kelimanya negatif.

“Kelimanya negatif, hasilnya bagus dan kita syukuri,” kata Iptu Bungaran.

Setelah melakukan upaya tracing kepada warga yang terkonfirmasi Positif Covid-19, Sat Binmas Polres Toba juga melakukan upaya edukasi dan sosialisasi agar tetap mematuhi protocol kesehatan dan tetap menjaga pola hidup sehat.

Tujuan tracing tersebut adalah untuk mengetahui riwayat kontak erat dengan penderita, setelah diketahui, personil kemudian melakukan upaya-upaya untuk membantu penderita dapat melakukan isolasi mandiri dengan baik dan benars,penyebaran atau penularan Virus dapat dicegah.

Ada pun kelima orang yang ditracing hasilnya bagus atau negatif yakni LAS (39), RRM (73), RS (62), WJES (10) dan OSLS (6). Setelah melakukan tracing, kelimanya juga masih isolasi mandiri sampai tiba pada waktunya.

“Petugas Kami bersama dengan instansi terkait lainnya setelah melakukan tracking, kemudian menempel stiker tanda isoman di rumah warga sebagai tanda bahwa penghuni rumah tersebut sedang menjalani Isolasi mandiri, tujuannya, agar masyarakat yang lain lebih sadar prokes dan mengetuk nurani tetangganya untuk lebih peduli dengan memberikan bantuan selama isoman,” Ungkap Kasie Humas Polres Toba Iptu Bungaran Samosir.

Polres Toba bekerja sama dengan instansi terkait lainnya untuk memantau warga yang terkonfirmasi sampai sembuh. Polres Toba juga memberikan dan mendistribusikan vitamin dan obat-obatan yang diperlukan penderita selama menjalani isolasi mandiri.

“Kapolres Toba menghimbau agar masyarakat tetap menjaga kesehatan dengan menerapkan protokol kesehatan secara konsisten, menerapkan 5M serta menghindari bepergian keluar kota. Karena indikasi penularan Covid-19 di wilayah Karanganyar dibawa oleh warga yang usai melakukan perjalanan keluar kota,”ujar Kasie Humas Polres Toba Iptu Bungaran Samosir. (JJ)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *