Sosok Kombes Valentino Alfa Tatareda, Kapolrestabes Medan

MEDAN – Mantan Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Riko Sunarko dimutasi menjadi Analis Kebijakan Madya Bidang Wabprof Divisi Propam Polri.

Riko ditarik ke Mabes Polri usai diterpa isu dugaan suap dari istri bandar narkoba.

Amatan jelajahnews.id, mutasi Polri itu tertuang dalam surat telegram Kapolri Nomor ST/165/I/KEP./2022 tanggal 24 Januari 2022 yang ditandatangani oleh As SDM Polri Irjen Wahyu Widada atas nama Kapolri.

Dalam telegram itu, Kapolrestabes Medan diamanahkan kepada Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda.

Saat ini, Kombes Valentino menjabat sebagai Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Sumatera Utara.

Selain jabatan Kapolrestabes Medan, dalam Surat Telegram itu terdapat nama Kombes Pol Agus Darojat, Wadir Resnarkoba Poldasu dimutasikan sebagai Pamen Bareskrim Polri untuk penugasan BNN.

Selanjutnya, dalam Surat Telegram Nomor 166/I/KEP/2022 tanggal 24 Januari 2022 terdapat Kapolres Batubara, AKBP Ikhwan Lubis diangkat dalam jabatan baru sebagai Kabagdalops Roops Polda Sumut.

Penggantinya AKBP Jose DC Fernandes, sebelumnya duduki jabatan Kasubbid Paminal Bidpropam Polda Banten.

Lantas siapakah sosok Kapolrestabes Medan yang baru ini ?

Dikutip dari berbagai sumber, rupanya Sumatera Utara, bukan daerah asing bagi Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda.

Selama bertugas di Sumut Kombes Valentino terbiasa dan paham dengan gaya bicara warga Medan. Dia pun paham kalau logat Medan tidak asing baginya.

Tahun 1995 pria asal Sulawesi Utara ini ditempatkan di Sekolah Polisi Negara (SPN) SPN Sampali Polda Sumut karena mendapat perintah khusus.

Ia ditempatkan di SPN Polda Sumut karena ada program dari Pak Nana Permana yang saat itu jadi komandan kompinya

Dari SPN Polda Sumut, Kombes Valentino dipercayakan sebagai Kanit Intelkam Polsek Medan Baru, Polsek Medan Timur dan Polsek Medan Teladan sekarang jadi Polsek Medan Kota.

Kombes Valentino sempat juga menjabat Kapolsek Lima Puluh yang sekarang menjadi Polres Batubara, kurang lebih dua tahun Ia jadi Kapolsek disitu.

Tahun 1998 Kombes Valentino keluar dari Polda Sumut, dan mendapat tugas menjadi pasukan perdamaian ke Bosnia sebagai Komandan Taruna di Akpol.

Begitu keluar dari Kota Medan langsung bertugas di satuan lalulintas (Satlantas) di Sragen, Jawa Tengah.

Saat di Sragen ia menjabat Kasat Lantas di Polrestabes Surabaya, Jawa Timur, hingga menjadi Kapolres di Jatim.

Kemudian, Kombes Valentino sempat menjabat Wadirlantas Polda Metro Jaya. Saat pangkatnya naik ke Kombes ia berada di Bangka Belitung sebagai Dirlantas di sana.

Seiring berjalannya waktu, Kombes Valentino kembali ke Jakarta di PTIK sebagai dosen.

Lalu ia sekolah sespimti setelah itu kembali ke Analisis kebijakan, dan setelah itu dipercaya kembali ke Sumut sebagai Dirlantas Polda Sumut dan kini menjadi Kapolrestabes Medan. (SJN/r)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *