Sepakati Dana Hibah Pilkada 2024 Rp23,84 Miliar, PJ Wali Kota Psp: “Gunakan Secara Efektif dan Efesien

P.Sidempuan– Pemerintah Kota Padangsidimpuan (Psp) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota P.sidimpuan sepakat untuk mengalokasikan dana hibah Pilkada Serentak 2024 sebesar Rp23,843.251.

Kesepakatan itu dituangkan dalam Berita Acara Kesepakatan Bersama (BAKB) yang ditandatangani oleh Pj Wali Kota Psp Letnan Dalimunthe dan Ketua KPU Kota P.sidimpuan Tagor Dumora Lubis pada, Senin (6/11/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Letnan Dalimunthe menyampaikan harapannya agar dana hibah tersebut dapat digunakan secara efektif dan efisien untuk penyelenggaraan Pilkada Kota P.sidimpuan 2024 yang lancar, berkualitas, dan menjadi contoh bagi daerah lainnya di Sumatra Utara.

“Dengan ditandanganinya NPHD ini, sesuai dengan kesepakatan kami bersama KPU, hasilnya bisa sebaik mungkin, bisa mewujudkan Pilkada Kota P.sidimpuan 2024 nantinya, yang lancar, berkualitas dan menjadi contoh bagi daerah Kota/Kabupaten lainnya yang ada di Sumatra Utara,” kata Letnan Dalimunthe.

Sementara itu, Tagor Dumora Lubis menyampaikan bahwa dana hibah tersebut akan digunakan untuk membiayai berbagai tahapan Pilkada Kota Padangsidimpuan 2024, mulai dari pendaftaran calon hingga penetapan hasil pemilihan.

“Anggaran Pilkada Kota P.sidimpuan 2024 sebesar Rp23,843.251.000, peruntukannya adalah untuk pelaksanaan tahapan-tahapan Pilkada Kota P.sidimpuan 2024,” kata Tagor.

Tagor menjelaskan, dari anggaran tersebut, ada penambahan (Cost Sharing) yang berasal dari anggaran Provinsi sebesar Rp4,150.000.000, yang dialokasikan untuk honorarium KPPS dan PPDP.

“Jadi artinya kalau kita totalkan, jumlah keseluruhan anggaran Pilkada Kota P.sidimpuan 2024 sebesar Rp27,993.251.000,” ungkap Tagor.

Tagor menyampaikan, agar Pilkada Kota Padangsidimpuan 2024 dapat berjalan dengan lancar, aman, dan berintegritas.

“Dengan penandatanganan NPHD ini, kita mengharapkan sebagai momentum penyelenggaraan Pilkada Kota P.sidimpuan 2024, yang sudah dekat sekali. Dan saat ini, pimpinan KPU RI sudah mulai menyusun untuk tahapan-tahapan Pilkada 2024,” ujarnya.

Tagor mengatakan, adapun yang menjadi harapan bersama, baik penyelenggara, peserta dan pemilih, bagaimana bersama-sama untuk mewujudkan Pilkada Kota P.sidimpuan 2024 nanti, menjadi Pilkada yang berintegritas, berkualitas, aman dan lancar.

“Dan diharapkan tidak adanya gesekan-gesekan yang terjadi, apalagi kita merupakan masyarakat yang memiliki falsafah Dalihan Natolu; Mora, Kahanggi dan Anakboru. Dan kita mengutamakan itu,” pungkasnya. (JN-Irul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *