Penyaluraan Zakat ASN, Bupati Tapsel Berharap Zakat Produktif diikuti se-Kecamatan

TAPSEL– Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), H. Dolly Pasaribu, S.Pt, MM., dalam penyaluran zakat profesi ASN melalui Baznas Tapsel, Dolly mengajak hadirin agar gemar membayar zakat, infak dan sedekah.

Kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Bupati berpesan agar dalam penyaluran zakat ke masyarakat yang berhak (mustahik), harus benar-benar meninjau dari aspek yang paling membutuhkan. Menurut Bupati, hal itu perlu dicatat, mengingat, zakat peruntukannya adalah bagi masyarakat yang benar-benar membutuhkan.

“Sudah 28 OPD dari 30 OPD kita dorong untuk berzakat melalui Baznas. Ke depan kita harapkan seluruh OPD menyalurkan ZIS nya melalui Baznas Tapsel, berikutnya adalah Kecamatan, Desa dan Kelurahan termasuk para warga yang memiliki kemampuan” jelas Bupati disela acara pendistribusian zakat penghasilan ke mustahik di Masjid Maqomil Amal, Kampung Hanopan, Desa Aek Haminjon, Kecamatan Arse, Kabupaten Tapsel, Senin (20/9).

Bupati berharap, kiranya zakat yang sudah disalurkan, bisa memberi manfaat bagi para penerima (mustahik). “Semoga yang hari ini menerima bisa memanfaatkan untuk kebutuhan mereka dan tetap tanamkan niat, suatu saat bisa menjadi yang memberi.” harap Bupati.

Disamping itu, Bupati juga mengingatkan masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan dan waspada dalam menjaga diri serta orang lain agar jangan sampai tertular Covid-19. Untuk itu, sesuai perintah Presiden RI, Joko Widodo, Bupati mengajak masyarakat agar mau divaksin demi terciptanya ketahanan masyarakat termasuk anak-anak sekolah, baik di pondok pesantren begitu juga di sekolah umum.

“Tenaga kesehatan kita bekerja dengan prosedur dan standar ketika melakukan vaksinasi sehingga dapat dikatakan vaksinasi ini aman. Selanjutnya untuk kenyamanan anak-anak kita disekolah, sesuai arahan Bapak Presiden berikutnya adalah anak-anak sekolah, sehingga kami meminta kegiatan ini mulai disosialisasikan kepada orang tua, agar tidak salah menanggapinya (program vaksinasi ke anak sekolah),” kata Bupati.

Beranjak dari Aek Haminjon, Bupati mengunjungi kebun pepaya yang siap panen seluas 1,5 Hektar yang dikelola Baznas Kabupaten Tapsel sebagai penyaluran zakat produktif. Dolly merasa selama ini penyaluran zakat ia rasakan belum maksimal karena penyalurannya hanya bersifat konsumtif. Ia berpikir bagaimana agar masyarakat yang menerima zakat, bisa terangkat kehidupannya dan suatu saat menjadi yang memberi zakat.

Dengan zakat produktif ini, Dolly merasa kagum karena beberapa kelompok tani yang berkomitmen untuk mengelola dana tersebut dalam bidang pertanian, perkebunan dan usaha lainnya yang mana hasilnya nanti akan dikembalikan dan digulirkan ke kelompok lain.

Bupati mengharapkan ke depan zakat produktif ini bisa diikuti kecamatan-kecamatan lain untuk mengangkat derajat kehidupan warganya.

Kunjungan berikutnya Bupati menyapa santri-santri pondok pesantren KH. Ahmad Dahlan Sipirok. “Mari kita teladani kepemimpinan beliau. Sebagai tokoh agama yang mumpuni juga tokoh bisnis yang luar biasa. Beliau adalah tokoh bangsa yang paripurna,” tutup Dolly

Sementara, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kabupaten Tapsel, Drs. H. Ihwan, menyebut, kegiatan penyaluran zakat kepada mustahik adalah satu langkah yang sangat baik. Ihwan juga mengaku kagum atas kesigapan Bupati Tapsel dalam mendorong jajarannya untuk menyalurkan zakat yang hingga kini sudah berjalan di seluruh kecamatan.

“Ini adalah zakat profesi yang terkumpul dari seluruh pegawai Tapsel. Dalam kurun waktu tahun ini, Baznas sudah hampir Rp1 miliar lebih zakat terkumpul. Itu semua tidak terlepas dari dukungan Bapak Bupati Tapsel, tanpa ada dukungan dari Bupati, pengumpulan zakat ini tidak akan berjalan lancar. Dari tahun ke tahun juga semakin banyak peningkatan,” puji Kakan Kemenag.

Ihwan juga mengucapkan terima kasih kepada Badan Silaturahim Pondok Pesantren Sumatera Utara (BSPPSU), Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tapsel dan Baznas Tapsel. Menurut Ihwan, ketiga lembaga itu adalah unsur yang mempunyai kontribusi besar sehingga acara penyaluran zakat itu bisa terselenggara.

Sedangkan, Tokoh Masyarakat dalam sambutannya, mengucapkan banyak terima kasih atas perhatian dari Bupati, Baznas, maupun Kemenag Tapsel yang sudah mengawal program penyaluran zakat itu, sehingga dapat dikumpul dari seluruh ASN di Tapsel dan dapat disalurkan kepada masyarakat.

Turut hadir, Kabag Humas dan Protokol Isnut Siregar, Kabag Kesra Cos Riady Siregar, Camat Arse Sahruddin Perwira, Kepala Desa se-Kecamatan Arse, dan Pengurus Baznas Tapsel. (Irul Daulay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *