Bupati Tapsel: Linmas Ujung Tombak Keamanan Desa dan Kelurahan

P.SIDIMPUAN|Jelajahnews.id-Linmas merupakan ujung tombak keamanan desa dan kelurahan. Satlinmas adalah perpanjangan tangan pemerintah yang berwenang menjaga kondusivitas di wilayah masing-masing baik desa maupun kelurahan.

Diharapkan agar Satlinmas dapat mengimplementasikan materi yang diberikan saat pembekalan pada Pemilu yang digelar, Rabu (14/2/2024) mendatang.

Hal ini dikatakan Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly Pasaribu saat menghadiri dan membuka kegiatan pembinaan dan pembekalan anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) desa/kelurahan se-Kabupaten Tapsel Tahun 2024 yang terdiri dari lima Kecamatan yakni Kecamatan Angkola Selatan, Muaratais, Batangangkola, Sayurmatinggi dan Tantom angkola.

Kegiatan ini digelar di lapangan bola Sarasi II Desa Pintu Padang, Kecamatan Batang Angkola, diikuti sebanyak 445 peserta, di lapangan bola Sarasi II Desa Pintu Padang, Kecamatan Batang Angkola, Selasa (6/2/2024).

Disamping itu, Dolly mengungkapkan, bahwa pembinaan dan pembekalan yang diberikan bertujuan agar penyelenggaraan pemilihan umum 2024 nanti dapat sukses dan berjalan dengan lancar, karena Satlinmas dibekali dengan teori kesiapsiagaan untuk menjaga kondusifitas lingkungan desa maupun kelurahan.

Dolly menambahkan bahwa masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS) nantinya akan ditugaskan anggota Linmas. Oleh karena itu, dirinya juga berpesan bahwa anggota Linmas dapat bersikap netral, ramah, namun selalu waspada terhadap situasi kondisi serta berkoordinasi dengan petugas Kepolisian untuk menjaga keamanan, ketertiban dan kelancaran pelaksanaan pemungutan suara di TPS.

“Mari kita kedepankan bahwa Pemilu adalah pesta demokrasi. Kita kedepankan politik yang gembira. Karena memilih pemimpin adalah yang memperhatikan rakyatnya dan memastikan program pembangunan yang berkelanjutan,” tandas Dolly.

Sementara itu, Kasatpol PP Jhonni Gumansi yang juga ketua panitia menyampaikan kegiatan pembinaan dan pembekalan Satlinmas desa/kelurahan ini dalam rangka menyukseskan Pemilu serentak 2024 diikuti oleh Satlinmas desa dan kelurahan yang diangkat oleh kepala desa/lurah dengan menempatkan 5 personil Satlinmas per desa di 5 kecamatan.

Ia juga menambahkan, tujuan pelaksanaan kegiatan ini sebagai bentuk pemberian pemahaman dan pemberdayaan anggota Satlinmas serta peran dan fungsi dalam memberikan pengamanan kepada masyarakat dalam rangka menyukseskan Pemilu serentak tahun 2024 yang tinggal beberapa hari lagi sehingga terciptanya Trantibum di wilayah Kabupaten Tapsel. (JN-Irul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *