Tiga Pimpinan Polres Jajaran Polda Sumut Dimutasi, AKBP Maringan Simanjuntak Jabat Kapolres Labusel

MEDANKapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan mutasi dan rotasi terhadap 60 perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen) Polri.

Dalam mutasi tersebut, Kapolda Aceh yang dijabat Irjen Ahmad Haydar digantikan oleh Irjen Achmad Kartiko Pati Baintelkam Polri bertugas sebagai Deputi Bidang Penempatan dan Perlindungan Kawasan Eropa dan Timur Tengah BP2MI.

Mutasi itu tercantum dalam Surat Telegram dengan nomor ST/2163/IX/KEP./2023 dan ST/2164/IX/KEP./2023 tertanggal 26 September 2023.

” Mutasi dan rotasi di tubuh Polri adalah hal biasa merupakan bagian tour of duty dan penyegaran organisasi,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan dalam keterangannya pada Selasa (26/09/2023).

Irjen Achmad Kartiko menggantikan Irjen Ahmad Haedar yang memasuki masa pensiun. Selain itu, ada dua jabatan Wakapolda yang juga dimutasi.

Pertama, Wakapolda Aceh yang dijabat Brigjen Syamsul Bahri digantikan oleh Kombes Armia Fahmi dari Irwasda Polda Sumut.

Brigjen Syamsul dimutasi karena juga sudah memasuki masa pensiun. Begitu pula untuk jabatan Wakapolda NTT Brigjen Heri Sulistianto digantikan Brigjen Awi Setiyono yang saat ini menjabat sebagai Wakil Gubernur Akademi Kepolisian (Akpol).

Dibagian lain, tiga jabatan Kapolres dijajaran Polda Sumut juga turut dirotasi. yakni, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Catur Sungkowo yang menjabat sebagai Kapolres Labuhan Batu Selatan (Labusel) diangkat dalam jabatan baru menjadi Kabagdalops Roops Polda Sumut.

Sedangkan pengganti dalam jabatan Kapolres Labusel dipercayakan kepada Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Maringan Simanjutak yang sebelumnya dari Kabagbinopsnal Ditreskrimum Polda Sumut.

Kedua, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Irsan Sinuhaji yang menjabat sebagai Kapolresta Deli Serdang Polda Sumut diangkat dalam jabatan baru sebagai Kabidbinsis Diklat Reserse Lemdiklat Polri.

Lalu pengganti untuk jabatan Kapolresta Deliserdang oleh Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Raphael Sandhy Cahya Priambodo dari Kasubbagopsnal Dittipidnarkoba Bareskrim Polri.

Dan ketiga, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Reinhard Habonaragan Nainggolan yang menjabat sebagai Kapolres Dairi dimutasi dalam jabatan baru menjadi Pamen Yanma Polri

Selanjutnya, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Agus Bahari Parama Artha dari Danyontar Tk II Mentarsis Ditbintarlat Akpol Lemdiklat Polri dipercaya untuk menjabat sebagai Kapolres Dairi.(jns/jai)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *