Puncak HUT TNI Ke-78, Aksi Bela Diri Pukau Para Penonton di Mako Yonif 123/RW

P.sidimpuan– Masyarakat tampak antusias menyaksikan rangkaian HUT TNI Republik Indonesia (RI) ke-78 di Mako Batalyon Infanteri (Yonif) 123/ Rajawali (RW), pada Kamis (5/10/2023) pagi.

Terlihat prajurit Yonif 123/RW menunjukkan aksi akrobatik yang membuat kagum para tamu atau pun masyarakat yang menyaksikan peringatan HUT TNI ke-78. Rasa kagum itupun disertai dengan memberi applause dari hadirin.

Tak hanya itu, prajurit petarung Yonif 123/RW, dengan piawai menyuguhkan pertunjukan senam Sparko serta prajurit juga tampak menunjukkan keahlihanya dalam aksi bela diri militer taktis.

Bahkan, prajurit Yonif 123/RW dengan beraninya membuat aksi pemecahan batu, salto di ketinggian, dan melompat di lingkaran api. Lebih mencengangkan lagi, ketika prajurit melompat melewati lingkaran api.

Hal itu membuat para hadirin tampak spontan memberi standing applause. Selain itu, para prajurit juga menunjukkan aksi pembebasan terhadap warga yang di sandera dengan memberi tembakan peringatan kepada penyandra.

Aksi pembebasan itu dilakukan prajurit dengan penuh kesiapsiagaan dan penuh ke hati-hatihan dalam menampilkan aksinya dengan sempurna dan penuh hati-hati.. Hingga akhirnya, aksi pembebasan sandera ini berjalan dengan sukses.

Foto: Prajurit TNI melakukan aksi pembebasan terhadap warga yang di sandera.

Untuk mencairkan ketegangan aksi prajurit tersebut, persit gabungan dari Kodim 0212 dan Batalyion 123/RW Padangsidimpuan menyuguhkan aksi berbagai tarian klasik.

“Kalian (prajurit-red) telah menunjukkan yang terbaik. Ini membuktikan bahwa kalian adalah prajurit yang terlatih,” ucap Danrem 023/KS (Kawal Samudera), Kolonel Inf Lukman Hakim, dengan penuh kebanggaan.

Diketahui, Upacara peringatan HUT ke-78 bertemakan : “TNI Patriot NKRI, Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju” ini, Danrem turut bacakan amanat Panglima TNI. Tampak prajurit yang berprestasi menerima penghargaan.

Sebelumnya, para tamu undangan juga menikmati pertunjukan tarian kolosal dari Persit Yonif 123/RW dan Kodim 0212/TS (Tapanuli Selatan). Selain itu, penari cilik dari sanggar tari binaan Persit juga turut menampilkan aksi terbaiknya.

Selain itu, sejumlah prajurit TNI petarung, juga menyuguhkan aksi senam Sparko, beladiri militer taktis, dan aksi tempur pembebasan sandera oleh Yonif 123/RW. Terakhir, Danrem memotong nasi tumpeng dan kue ulang tahun tanda syukur HUT TNI.

Tampak hadir, Dandim 0212/TS, Letkol Inf Amrizal Nasution dan Danyonif 123/RW, Letkol Inf Emick Chandra Nasution. Selain itu, hadir pula seluruh Dandim di bawah teritorial Korem 023/KS beserta Persit Kodim masing-masing.

Hadir juga, Komandan Pangkalan TNI AL Sibolga, Letkol Laut Cahyo Pamungkas. Dan, Komandan Satuan Radar 234 Sibolga, Mayor Lek Hardiman R Hasibuan, Kapolres P.sidimpuan, AKBP, Dudung Setyawan.

Selanjutnya, Kapolres Tapanuli Selatan, AKBP Imam Zamroni. Kapolres Mandailing Natal, AKBP Reza Chairul AS. Bupati Padang Lawas Utara, Andar Amin Harahap. Serta jajaran Forkopimda se-Tapanuli Bagian Selatan. (JN-Irul)