PTPN Holding Raih Excellence Award 2021 Kategori Mature in Technology Capability

JAKARTA – Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) menerima penghargaan di BUMN Performance Excellence Award (BPEA) 2021 dalam kategori “Mature in Technology Capability”.

Penghargaan BPEA 2021 diterima langsung oleh Direktur SDM, Seger Budiarjo di Kantor Pusat Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero). Seger pun mengapresiasi atas diraihnya penghargaan ini.

“Capaian ini merupakan apresiasi dari upaya Transformasi berkelanjutan yang terus menerus dilakukan oleh PTPN Group termasuk inisiatif Implementasi Teknologi yang menjadi pondasi dalam perubahan pola dan strategi Holding,” ujar Seger, Rabu (6/10/2021).

Seger menambahkan, bahwa penghargaan yang diraih oleh PTPN Holding tak lepas dari semangat untuk terus berinovasi dan bertransformasi sehingga menjadi BUMN perkebunan yang menjadi kebanggaan baru Indonesia.

“ Peningkatan Sistem dan Teknologi merupakan satu dari strategi pendukung yang dilakukan holding dalam melakukan transformasi, selain juga dilakukan langkah strategi Pengembangan Kapabilitas dan Budaya. Langkah transformasi bisnis lain yang sudah dilakukan Holding meliputi tiga strategi utama; yaitu Optimalisasi Portfolio & Operational Excellence, Commercial Excellence & Ekspansi Hilir dan Optimalisasi Aset & Kemitraan Strategis,” pungkas Seger.

Tahun lalu, Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) berhasil meraih penghargaan BUMN Performance Excellence Award (BPEA) 2020 kategori Emerging Industry Leader karena dinilai mempunyai proses bisnis yang sistematis dan efektif. Standar Emerging Industry Leader dinilai dari perusahaan yang mempunyai proses bisnis yang sistematis dan efektif, kemudian penerapan sudah baik dan tidak ada gap yang signifikan, analisis berbasis data fakta, serta menunjukkan komitmen yang kuat dalam pembelajaran.

Dengan pengalaman tersebut serta beberapa inisiatif digital yang telah dilakukan untuk mendukung transformasi PTPN Group, PTPN berupaya untuk menjawab seluruh kriteria Kapabilitas Teknologi BUMN maupun Kriteria Penilaian Kinerja Unggul untuk terus menerus secara berkelanjutan melakukan perbaikan dan improvement sehingga dapat unggul di dalam Industri Perkebunan dalam skala lokal maupun global.

Forum Ekselen BUMN (FEB) menggelar BUMN Performance Excellence Award atau BPEA Tahun 2021 dalam rangka mengapresiasi BUMN-BUMN yang telah bekerja mengelola bisnis ekselen dengan membangun daya saing. “Sebagai kelanjutan dari setiap proses asesmen, Forum Ekselen BUMN (FEB) menggelar BPEA (Bussiness Performance Excellence Award), yang merupakan ajang penghargaan kepada BUMN yang telah bekerja mengelola bisnis ekselen dengan membangun daya saing melalui integrasi berbagai sistem manajemen hingga mencapai kinerja ekselen tertentu,” tutur Ketua Umum FEB Agung Yunanto.

Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa sampai dengan saat ini FEB dengan pembinaan dari Kementerian BUMN, telah melaksanakan BPEA pada tahun 2017 dan 2019. Tahun 2017, merupakan BPEA pertama dan berbeda dengan penghargaan lainnya.

Penghargaan BPEA berupa pemberian Trophy serta Piagam Penghargaan atas Pencapaian Excellence Level Perusahaan, yaitu tingkat kinerja ekselen yang dicapai perusahaan sesuai hasil asesmen yang dilakukan dengan mengacu pada Kriteria Penilaian Kinerja Unggul (disebut KPKU) yang telah ditetapkan oleh Kementerian BUMN sejak tahun 2012.

“Implementasi KPKU sejak 2012 telah membuahkan hasil dengan tumbuhnya berbagai BUMN yang telah mencapai band score Good Performance, Emerging Industry Leader, dan Industry Leader ,” kata Agung.

Adapun kategori-kategori penghargaan yang diberikan dalam BPEA 2021, antara lain Leading in Technology Capability, Mature in Technology Capability, Developing in Technology Capability, The Best Resilience Company, Business Excellence Achievement Award, The Best in Digital Transformation Responsiveness, dan The Best in Substitution Energy Technology, The Best Company Leadership dan The Best Market Growth.(Jai/rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *