Kapolres Tapsel Pulang Haji Disambut Haru Forkopimda dengan Diupa-upa

P.Sidimpuan| Jelajahnews.id – Usai beribadah haji di tanah suci Mekkah, AKBP H.Yasir Ahmadi, SIK, MH selaku Kapolres Tapanuli Selatan (Tapsel) disambut haru Pemerintah Daerah (Forkopimda) Tapsel di kantor Dinas Kapolres Tapsel, Sabtu (06/07/24).

Penyambutan, Kapolres dan Ibundanya yang baru pulang haji serta keluarga Kapolres diupa-upa. Kegiatan ini dilakukan sebagai simbolis adat mengembalikan semangat, mengembalikan batin.

banner 650x350

Dalam penyambutan tersebut di hadiri oleh Dandim 0212/TS, Pj Bupati Paluta, Bupati Tapsel, Ketua MUI Tapsel, Tokoh Agama dan Habaib Habib Aqil bin Abdul Qodir Baraqbah.

“Saya mengucapkan rasa terimakasih kepada semua saudara-saudaraku. Doa-doa saudara, itulah yang menolong dalam perjalanan haji ini,” ungkap AKBP H.Yasir Ahmadi.

 

Lebih lanjut, AKBP H.Yasir menjelaskan perjalanan haji seperti perjalanan maut. Berangkat ke Arafah, dimandikan dulu seperti mayit yang dimandikan. Selesai mandi, dikafani dengan kain ihram kain tanpa jahit seperti kafan pembungkus mayit. Sebelum berangkat disalatkan dulu, salat dua rakaat.

Kemudian Wukuf, tak ada bedanya lagi seorang Kapolres dengan yang biasa saja. Tak ada bedanya lagi orang yang berpangkat, bejabatan dan yang biasa. Semua sama. Di bawah terik matahari sama semua, menjadi hamba. Mana hambanya yang meminta ampun, mana hambanya yang betul-betul menghadap.

“Begitulah napak tilas yang mungkin kami ambil hikmahnya. Begitulah, khatamnya haji mempersiapkan kematian. Semua kehidupan ini berakhir di Padang Arafah. Kami sekeluarga, berterimakasih atas rasa sayang, doa dan pertolongan kepada keluarga yang terkena musibah, cobaan.

“Alhamdulillah, Ibu Kapolres masih sehat, dan panjang umur, masih bisa mendidik anak yang saleh dan salehah. Di sana, kami juga mendoakan pak Dandim dan pak Bupati semoga segera berhaji. Allah berkahi masyarakat Tapsel dan Paluta.

Kapolres Tapsel Pulang Haji Disambut Haru Forkopimda dengan Diupa-upa
Foto: Kapolres dan Ibundanya yang baru pulang haji serta keluarga Kapolres diupa-upa di rumah Dinas Kapolres Tapsel.

Disesi makan bersama dan syukuran, hadir juga berbagai tokoh sebagai tetamu. Di antaranya, Syahrul M Pasaribu, Gus Irawan Pasaribu, Parulian Nasution dan lain sebagainya.

Sementara Pj Bupati Paluta Patuan Rahmat SP Hasibuan mewakili Forkopimda mengucapkan selamat datang kepada Kapolres Tapsel, ibu Hj Farida Hanum Matondang dan adiknya Imam, yang telah melaksanakan ibadah haji di tanah suci.

“Semoga ibadah yang dilaksanakan menjadi haji yang mabrur. Dan saya dengar tadi, ada insiden kecelakaan yang dialami Ibu Kapolres, kami pun berdoa Ibu Kapolres cepat pulih dan kembali ‘tondi’ ke badan, mengembalikan semangat. Dan kembali dapat menjalankan tugas dengan baik,” tandasnya. (JN-Irul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *