Banjir Bandang diguyur Hujan Deras, Akibatnya Jalan Lintas Sipirok Longsor

TAPSEL| Jelajahnews.id- Hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Sipirok dan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), menyebabkan banjir bandang di badan Jalinsum Sipirok-Padangsidimpuan (Psp), Selasa (14/5/24) malam.

Insiden itu dibenarkan oleh Camat Sipirok, Sahruddin Perwira, Rabu (15/06/24), adanya longsor di Kilang Papan akibat hujan deras tersebut. Bahkan, Camat menyebutkan dirinya sedang meninjau lokasi longsor yang berada di Desa Batang Tura.

Dari informasi yang dihimpun, selain menyebabkan banjir bandang di badan Jalinsum Sipirok-Padangsidimpuan (Psp), tetapi juga terdapat longsor di sejumlah titik.

Pantauan awak media, longsor mengepung Komplek Kantor Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), di Dano Situmba, Desa Kilang Papan, Sipirok.

Di lokasi Jalinsum Sipirok-Psp misalnya, sedikitnya ada 5 titik tanah longsor yakni, di Halte MAN Tapsel Situmba 1 titik, 2 titik di tikungan Kilang Papan, 2 titik di Aek Siporda dan 1 titik lagi di samping Masjid Al Ikhlas, Kilang Papan, yang meremukkan rumah kedai kopi milik warga.

Tak hanya disitu saja, longsor lainnya juga terjadi di jalan alternatif atau jalan lingkar Komplek Kantor Bupati Tapsel terdapat 3 titik longsor yang menutupi badan jalan itu. Sehingga, kendaraan roda 4 tak bisa melintas.

Hal itu mengakibatkan, pada pagi hari beberapa kendaraan roda 4, terpaksa balik arah setelah melihat badan jalan tertutup material tanah dan kayu dari reruntuhan longsor.

“Dari jalur kiri longsor lama masih krisis, tinggal satu meter, hanya sepeda motor yang bisa lewat. Sedangkan dari jalur kanan tertutup sehingga mobil tidak bisa lewat,” ungkap Dony (38) saat melintas dari jalur tersebut.

Dengan kejadian ini, ia berharap kepada pemerintah agar segera menangani jalan menutupi badan jalan. Sebab, jalan tersebut digunakan warga untuk keperluan transportasi, baik menuju tempat kerja, sekolah dan urusan lainnya.

Dari pantauan awak media, tampak 1 unit alat berat roda karet ditambah 1 unit dump truk milik Balai Jalan Nasional terus berupaya menyingkirkan material longsor dari badan jalan sejak pagi hingga sore. (JN-Irul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *