Wali Kota Pematangsiantar Hadiri Rapat Paripurna HUT ke-79 RI

P.SIANTARWali Kota Pematangsiantar Susanti Dewayani menghadiri Rapat Paripurna Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), di Gedung Harungguan DPRD Kota Pematangsiantar, Jumat (16/08/2024).

Adapun agenda Rapat Paripurna mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI Ir Joko Widodo (Jokowi) dalam Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI-DPD RI serta Sidang Paripurna DPD RI di komplek parlemen, melalui layar TV.

banner 650x350

Rapat Paripurna dibuka Ketua DPRD Kota Pematangsiantar Timbul Marganda Lingga SH.

Presiden Jokowi dalam Pidato Kenegaraan menyampaikan genap sudah 10 tahun dirinya menjabat Presiden RI.

“Tahun ini, genap 10 tahun saya menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia dan genap 5 tahun Bapak Prof Dr (HC) KH Ma’ruf Amin menjabat sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia,” sebut Jokowi.

Jokowi menyadari ada banyak gelombang yang dihadapi, bahkan sejak di hari pertama menjabat sebagai Presiden RI. Namun Jokowi mengaku yakin dan sangat percaya dia tidak sendirian karena ada doa dan dukungan dari rakyat.

“Sejak hari pertama saya menerima amanah ini, saya sangat menyadari akan ada banyak gelombang yang harus dihadapi, akan banyak tantangan yang harus diselesaikan,” tutur Jokowi.

Dalam pidato terakhirnya tersebut, Presiden Jokowi menyampaikan dirinya bersama Ma’ruf Amin mengucapkan terima kasih yang tulus kepada seluruh rakyat Indonesia. Dia menyebut rakyat selama 10 tahun ini telah bersama-samanya menapaki langkah demi langkah dan menghadapi terjadinya perubahan.

“Dan hari ini, 16 Agustus 2024, di momen terakhir saya dan Prof Dr (HC) KH Ma’ruf Amin berdiri di sini, izinkan kami menyampaikan terima kasih yang tulus. Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak-Ibu semua. Kepada seluruh rakyat Indonesia di mana pun berada, yang selama 10 tahun ini telah dengan kuat bersama-sama melintasi tantangan demi tantangan, menapaki langkah demi langkah, dan menghadapi terjadinya perubahan demi perubahan,” sebut Jokowi.

Sebelum menutup pidatonya, Presiden Jokowi menyampaikan pesan kepada Presiden terpilih Bapak Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto.

“Tahun depan Insya Allah Bapak yang akan menyampaikan Pidato Kenegaraan. Nanti pada tanggal 20 Oktober 2024, izinkan saya menyerahkan tongkat estafet kepemimpinan ini kepada Bapak Prabowo Subianto. Izinkan saya juga menyerahkan semua harapan dan cita-cita masyarakat Indonesia, dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote, dari pinggiran, dari daerah terluar, dari desa dan dari pusat-pusat kota kepada Bapak,” ucap Jokowi.

Usai menyaksikan sidang, Susanti sempat beramah-tamah dengan Forkopimda dan masyarakat yang turut hadir di gedung DPRD Kota Pematangsiantar.

Tampak, Susanti memakai pakaian adat Simalungun dalam paripurna tersebut.

Pada kesempatan ini, Susanti mengajak untuk menghormati dan menghargai jasa-jasa pahlawan pejuang kemerdekaan.

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa Pahlawannya,” sebut Susanti.

Ia juga mengimbau masyarakat untuk merayakan HUT ke-79 Kemerdekaan RI dengan tertib dan damai, mengedepankan Bhineka Tunggal Ika, dan merawat toleransi. (kb/rp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *