Tegakkan Perda, Pemko Sidempuan Kembali Bongkar Lapak PKL Sekitar Pasar Sagumpal Bonang

SIDEMPUAN– Dalam menegakkan Peraturan Daerah (Perda), Pemko Padang Sidempuan (Psp) kembali menggelar bersih-bersih Lapak Pedagang Kaki Lima (PKL) di jalan Pasar Sagumpal Bonang, pasar Mahera dan seputaran jalan Thamrin, Kamis (19/01/23).

Tampak terlihat, sejumlah anggota Satpol PP dan anggota Dishub melakukan pembongkaran lapak PKL yang kosong di sekitaran pasar Sagumpal Bonang, dan sejumlah anggota OPD lainya mengutip sampah untuk diangkut ke mobil truck pemko Padang Sidempuan

Wali Kota Padang Sidempuan, Irsan Efendi Nasution melalui Kadis Kominfo Padang Sidempuan, Nurcahyo Budi Susetyo mengatakan kegiatan ini melibatkan seluruh organisasi Perangkat Daerah (OPD) kota Padang Sidempuan, bahkan anggota DPRD juga ikut membantu bersih-bersih lapak PKL di sekitaran jalan pasar.

Lebih lanjut Cahyo mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan untuk melanjutkan perda dalam penertiban lapak PKL di jalan Thamrin dan pasar pusat kota Padang Sidempuan yang batasnya sampai di bulan januari dan kini di lanjutkan lagi.

Dijelaskannya, sebelumya lapak PKL yang sekitar batas Sagumpal itu di fungsikan untuk lahan parkir, dan kini akan di kembalikan lagi fungsinya seperti dulu.

“Lapak PKL ini akan di kembalikan fungsingnya tempat parkir yang dulu tempat ini lahan parkir dan sekarang pihak pemko akan kembalikan lagi sesuai dengan fungsinya,” ujarnya.

Sementara Kadishub Kota Padang Sidempuan, Alfian Pane menjelaskan, bahwa pemko Padang Sidempuan sebelumnya sudah sering menyurati para PKL dan secara lisan juga di himbau dijalankan di sekitaran Sagumpal Bonang dan seputaran Jalan Thamrin untuk mengimbau jualan di dalam pasar.

“Kita lakukan pembersihan ini karena kita sudah himbau masyarakat untuk berjualan dalam pasar agar terlihat bersih kota kita ini. Lihat itu sebagian para lapak PKL membongkar lapak nya sendiri dan sebagian meninggalkan kayu-kayu lapaknya, itulah yang kita bersihkan,” ungkapnya.

Salah satu Pemilik ruko sekitar pasar, M Ardi mengapresiasi pihak pemko Padang Sidempuan, dirinya juga mengungkapkan, bahwa penertiban PKL di pusat kota sangat perlu sekali guna terjaganya kebersihan kota, apalagi parkiran itu juga sangat perlu di tertibkan agar kota Sidempuan tertata lebih baik lagi. (JN-Irul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *