Tebar Ribuan Ikan, Bupati Tapsel Berharap Hidupkan Ekonomi Masyarakat

TAPSEL| Jelajahnews.id – Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), Dolly Pasaribu menyerahkan dan sekaligus melakukan penebaran ribuan benih ikan bersama kelompok pengelola lubuk larangan.

Penebaran itu dilakukan bersama Pokmaswas Al-Ikhlas Desa Pintu Padang dan Pokmaswas Silaturrahmi Kelurahan Napa, Kecamatan Angkola Selatan, pada Rabu (5/6).

“Penyerahan ribuan benih ikan itu terdiri dari Ikan Jurung sebanyak 1.500 ekor, Ikan Tawes 3.000 ekor dan Ikan Baung 2.000 ekor. Masing-masing Desa Pintu Padang dan Kelurahan Napa mendapatkan 6.500 ekor dengan total benih ikan sebanyak 13.000 ekor, yang disaksikan tokoh masyarakat dan tokoh pemuda setempat,” ujarnya.

Dengan dilakukan penyerahan benih ikan itu, Dolly berharap semoga nantinya dapat menghidupkan perekonomian dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di kedua daerah itu.

“Menjadi harapan kita bersama, ikan yang dilepas ini semua bisa tumbuh dengan baik, sehingga ketika masa panen tiba bisa dimanfaatkan oleh warga sekitar maupun masyarakat yang mengetahui kapan adanya buka lubuk larangan,” sebut Dolly Pasaribu.

Selanjutnya, Bupati berharap dengan swadaya bersama masyarakat secara bergotong royong maka akan menjaga kelestarian sungai setiap saat, sehingga pertumbuhan ikan yang ditebar dapat berkembang dengan baik.

“Pemerintah sifatnya menyediakan atau memfasilitasi, untuk selanjutnya diharapkan kepada seluruh masyarakat secara bersama menjaga, melakukan perawatan dan pengawasan dengan harapan ikan tumbuh besar dan hasil yang didapatkan maksimal,” pungkas Dolly.

Sebelumnya Kadis Perikanan Tapsel Saiful AP Nasution menjelaskan dengan dilakukan penebaran benih ikan ini, untuk ketersediaan ikan dan kelestarian sungai di daerah itu.

“Di samping produksi ikan dan ketersediaan ikan terjaga, harapannya juga menambah pendapatan masyarakat yang muaranya meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” sebutnya.

Ia mencontohkan, saat pembukaan lubuk larangan tiba, masyarakat bisa mengelola nya dengan penjualan tiket atau sejenisnya, hasil tersebut bisa dimanfaatkan untuk pembangunan fasilitas umum di daerah itu.

“Itu salah satu contoh yang bisa dimanfaatkan, kalau masyarakat bahu-membahu merawat pelestarian aliran sungai untuk menjaga pertumbuhan ikan ini, itulah yang sangat kami harapkan dari masyarakat sekitar,” timpalnya.

Sementara Tokoh Masyarakat Pintu Padang Tajul Simanjuntak dan Tokoh Masyarakat Napa Pandapotan Harahap sama-sama kompak mengucapkan terima kasih ke Pak Bupati atas pemberian benih ikan itu.

“Kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas perhatian bapak melakukan penebaran ikan di desa kami, semoga bibit ikan ini sekiranya nanti dapat menambah dana kas desa maupun kelurahan kami,” sebut mereka kompak.

Kemudian, mereka menyampaikan dan berharap, kepada Bupati Dolly Pasaribu untuk dapat melanjutkan pembangunan di Kabupaten Tapanuli Selatan.

“Kemudian kami berharap semoga Pak Bupati diberikan Allah kesehatan untuk selalu dapat memimpin Tapsel ini kedepan dan kami harapkan juga semoga kepemimpinan Bapak Bupati dapat berkelanjutan,” tutup mereka. (JN-Irul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *