Safari Ramadhan, PLTA Batangtoru Buka Bersama Masyarakat dan Beri Santunan Anak Yatim

TAPSEL – PLTA Batangtoru mengadakan Safari Ramadan buka bersama (Bukber) dengan masyarakat Sipirok, Marancar, Batangtoru, Kabupaten Tapanuli Selatan di areal proyek pembangunan.

Perusahaan ini menjadikan bulan yang penuh berkah ini menjadi ajang untuk menebar kebaikan dan silaturahmi untuk anak yatim-piatu.

Acara ini dilaksanakan selama satu minggu penuh mulai dari tanggal 10 April 2023 hingga tanggal 15 April 2023.

Kegiatan ini berlangsung di dua Kecamatan yaitu Marancar dan Sipirok dan diadakan di masjid-masjid yang tersebar di dua Kecamatan tersebut.

Manajer Sosial dan Komunikasi Arie Dedy mengatakan bahwa hal ini menunjukkan bahwa PLTA Batangtoru hadir ditengah-tengah masyarakat untuk bisa memberikan energi yang baik dan positif.

“Terutama di Bulan Ramadan ini PLTA Batangtoru ingin mengambil bagian untuk berperan dalam menyebarkan kebaikan.

Harapannya adalah kepedulian kami ini dapat disambut masyarakat sebagai sesuatu yang bisa membuat PLTA Batangtoru berdiri dengan selaras dan harmonis dengan masyarakat sekitarnya”, kata Arie Dedy, Kamis (13/04/23).

Dalam pelaksanaan Safari Ramadan ini turut mengundang anak yatim piatu di kedua Kecamatan tersebut untuk bisa bersama merasakan keberkahan di bulan suci ini. Selain itu juga PLTA Batangtoru akan memberikan santunan kepada anak yatim piatu.

“Ada 219 anak yatim piatu yang sudah dan akan tersalurkan santunan dari PLTA Batangtoru yang tersebar di 5 Desa dan 1 Kelurahan dari 2 Kecamatan yaitu Desa Luat Lombang, Desa Aek

Batang Paya dan Desa Bulu Mario di Kecamatan Sipirok serta Desa Huraba, Desa Marancar Godang, Desa Simaninggir, Desa Marancar Julu, Desa Aek Nabara dan Kelurahan Pasar Sempurna di Kecamatan Marancar,”tambah Arie Dedy.

Safari Ramadan di tahun ini telah diawali dan dibuka oleh CEO PT. NSHE saat melaksanakan Buka Puasa Bersama internal PT. NSHE yang dilaksanakan pada Senin, 3 April 2023 lalu di Hotel Mega Permata, Kota Padang Sidempuan.

Sedikit dalam sambutannya, Kent Du, selaku CEO PT. NSHE mengatakan bahwa PLTA Batangtoru peduli dengan pemangku kepentingan sehingga kegiatan sosial seperti ini di momen yang tepat menjadi perhatian utama Perusahaan.

“Sesuai dengan tema Safari Ramadan tahun ini yaitu We care, We share dimana kami hadir bersama masyarakat di bulan yang suci ini untuk bisa memberikan dampak positif sebagai komitmen kami dalam melaksanakan program Community Development”, pungkas Arie Dedy.

Sekilas tentang PLTA Batangtoru PLTA Batangtoru dengan kapasitas 510 MW merupakan salah satu progam Pemerintah Republik Indonesia melalui PT PLN (Persero) untuk memenuhi kebutuhan listrik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan mendukung pertumbuhan ekonomi, khususnya di Sumatera.

Pembangunan PLTA ini sejalan dengan program Pemerintah Indonesia untuk meningkatkan bauran energi terbarukan yang ramah dan lingkungan dengan target mencapai 23% di tahun 2025.

Proyek ini juga merupakan wujud kerjasama erat antara Pemerintah Republik Indonesia dan RRC, melalui PJBI dan SDIC Power yang merupakan bagian dari grup usaha PT PLN (Persero) dan SDIC Group yang merupakan dua BUMN besar dari masing-masing negara.

Dengan mensinergikan seluruh sumberdaya yang dimiliki, maka PLTA Batangtoru dibangun dan dioperasikan dengan standar kelas dunia, sehingga menjadi pembangkit listrik yang handal untuk menopang sistem kelistrikan di Sumatera. (JN-Irul)