Pejabat BPPHP ll Medan Bantah Tudingan Beking dan Terima Upeti dari Pengusaha

TAPSEL– Oknum pejabat BPPHP ll Medan, Syufriandi Syaiful membantah membekingi dan menerima upeti dari seorang pengusaha David Hamonangan Panggabean yang diduga melakukan perambahaan hutan.

Perambahan hutan itu dengan dugaan modus membuka jalan di Dusun Lenggahara, Desa Somba Debata Purba, Kecamatan Saipar Dolok Hole, Kab. Tapsel pada Rabu (21/06/23).

Syufriandi Syaiful menyatakan, bahwa pemberitaan terhadap dirinya membekingi ilegal logging dengan menerima upeti dari pengusaha untuk memuluskan pengurusan izin perambahan hutan itu ternyata hanya mis komunikasi.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa informasi itu hanya isapan jempol atau fitnah saja untuk dunia yang penuh tipu-tipu. Dan fitnah ini, merupakan resiko dari perkerjaan yang tidak selalu manis seperti gula semut Sipirok tapi seperti filosofi kopi Sipirok yang pahit tapi Nikmat.

Awalnya, berita ini bersumber dari oknum-oknum kehutanan/BPPHP II Medan yang merasa terganggu dalam urusanya untuk membuang badan dan melepas dari tanggungjawabnya serta ketidakprofesionalan sebagai agensi sehingga menghancurkan krakter pribadi Syufriandi Syaiful.

Malahan menurut sumber informasi yang tidak mau disebutkan namanya, ternyata pak David Hamonangan Panggabean, juga tidak kenal dan tidak pernah berurusan/berhadapan/komunikasi langsung dengan Syufriandi Syaiful.

Ia menyebutkan, bahwa perambahan hutan itu seharusnya membayar pajak, namun setelah kita check belum membayar, artinya tidak memiliki izin dari BPHL ll Medan.

Menurut pak Mahmuddin Nasution selaku tokoh masyarakat dan Pak Siregar Kadus Somba Debata, yang pernah berurusan/berhadapan/komunikasi dengan Syufriandi Syaiful, merupakan pribadi yang memberikan solusi dan tidak kaku, ucapan dan perbuatan selarah, hanya penuh prinsip-prinsip kehati-hatian terutama menyangkut masalah sosial dan ekologis.

“Semua urusan tidak hanya diselesaikan dengan uang, cukup dengan Doa, ibarat Pribahasa Tak kenal makanya tak sayang ” Bila kenal makanya menjadi Saudara.

Dan kami berdoa agar beliau selalu sehat dan dalam lindungan Allah SWT serta selalu membantu Masyarakat,” tandasnya. (JN-Irul)