Miris! Purnawirawan TNI AD Sakit Parah di Angkola Julu Butuh Perhatian

SIDEMPUAN– Tim Burangir bersama Ustadz Abdul Azis Siregar kunjungi seorang Purnawirawan TNI AD, Gunung Samosir (76) yang mengalami penyakit syaraf di kediamanya di lorong 4, Desa Pintu langit Jae, Kec. Angkola Julu, Padang Sidempuan, Selasa (25/4/23).

Sebelumnya informasi ini diperoleh dari kerabat Ustadz Abdul Azis dan memohon supaya Yayasan Burangir melihat kondisi kakek yang merupakan pensiunan TNI AD di kesatuan KODIM 0212/TS pada 14 Maret 1995 dengan pangkat terakhir Kopda.

“Kami mendapati kakek Gunung Samosir terbaring lemah di kamarnya yang sangat sempit dan jauh dari kata nyaman. Matanya yang sudah tidak melihat sejak beberapa tahun lalu ditambah badannya yang sudah sangat lemas.

Selain itu beliau juga sudah tak mampu mengeluarkan suara lagi semakin memperparah kondisinya. Untuk ke buang air kecil, anaknya menyiapkan ember kecil dan kadang dipapah ke kamar mandi,” ujar Zuli Zega pengurus Yayasan Burangir dengan raut wajah sedih.

Selama ini, kata Zuli, beliau memiliki BPJS gratis namun sejak beberapa bulan lalu sudah tidak aktif lagi membuatnya tak bisa berobat rutin lagi.

Dan anaknya juga yang sudah memiliki keluarga hanya pasrah melihat kondisi Ayahnya karena tak mampu membawa berobat.

” Tu Mantari sajo ma kadang dioban saleleng on, Bang. I pe maborat pambayaranna” ucap Zuli menirukan ucapan anak dari Gunung Samosir.

Menanggapi keluhan penyakit Purnawirawan tersebut, pihak Burangir berjanji akan berkordinasi dengan stakeholder terkait dalam upaya mengaktifkan kembali BPJS nya, agar Kakek Gunung dapat berobat kembali.

Zuli berharap dengan kondisi Kakek yang memprihatinkan ini, ada Tim Kesehatan yang rutin memeriksa kondisi keadaan kakek ini di rumahnya karena sudah tak sanggup lagi bergerak dari tempat tidurnya.

Assesment pihak Yayasan Burangir sementara menyimpulkan, bahwa Kakek Gunung membutuhkan Relawan Tim Kesehatan yang memeriksa kondisinya secara intens, fasilitas tempat tidur (tilam,bantal,selimut) yang jauh dari kata memadai.

“Apalagi untuk seorang lansi yang sakit, popok dewasa untuk memudahkannya BAK dan BAB, serta kebutuhan asupan nutrisinya. Apabila ada yang tergerak hatinya boleh menghubungi kami dari Lembaga Burangir (082368774440),” tandasnya. (JN-Irul)