Ketua TP PKK Tapsel Lakukan Orientasi ke Para Ketua TPPKK Desa Se-Tapsel

TAPSEL– Ketua TP PKK Tapsel Lakukan Orientasi ke Para Ketua TPPKK Desa Se-Tapsel- Ketua TPPKK Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) Ny Rosalina Dolly Pasaribu mengatakan, bahwa kegiatan orientasi bagi Ketua TP PKK Desa se-Kabupaten Tapsel bertujuan untuk membangun dan menata kampung masing-masing agar kampung atau desa kedepannya lebih baik.

“Kita bersama-sama berusaha mendorong semaksimal dan seupaya mungkin, agar bagaimana semua desa-desa yang ada di Tapsel, sama-sama bangkit. Demi menata desanya, melalui program-program PKK,” ujarnya di sela orientasi di Syakirah The View and Resto Desa Aek Sabaon Kecamatan Marancar, Senin (4/12/2023)

Dikatakannya, giat ini ada 2 sesi begantian. Untuk sesi pertama, diikuti Kecamatan Muara Batangtoru, Sayur matinggi, Batang Angkola, Angkola Selatan, Marancar, Angkola Muaratais, Tantom Angkola, dan Kecamatan Angkola Barat.

Untuk sesi kedua diikuti oleh Kecamatan Aek Bilah, Angkola Sangkunur, Angkola Timur, Arse, Saipar Dolok Hole, Sipirok, dan Kecamatan Batangtoru.

Ke Ketua TP PKK Desa yang mengikuti kegiatan dan pelatihan ini nantinya agar menjalankan seluruh program PKK, yang diharap akan berguna untuk kesejahteraan desa, ucap Rosalina.

“Kita dalam ber-PKK, terlebih ke para Ibu Ketua TP PKK yang mengikuti giat ini, harus bisa menjalankan semua program pokok PKK. Untuk kebaikan, kesehatan, dan kesejahteraan desa kita,” tutur Rosalina.

Disebutkannya, tujuan PKK juga untuk pemberdayaan kesejahteraan keluarga. Demi mencapai tujuan tersebut, diingatkan ke para Ketua TP PKK Desa yang mengikuti orientasi, untuk melakukan pemanfaatan pekarangan dengan penanaman Toga (Tanaman Obat Keluarga).

Pemanfaatkan tanaman Toga, bisa mencapai kesejahteraan keluarga dan tumbuh kembang anak agar semakin baik, menjadi lebih sehat dan anak terhindar dari berbagai penyakit stunting, sebut Rosalina

Sementara, Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Tapsel Muhammad Yusuf berharap dari kegiatan ini, para Ketua TP PKK Desa bisa menjalankan 10 Program PKK Desa. Demi, pengembangan desa yang lebih baik di Tapsel, harap Muhammad Yusuf.

Adapun yang menjadi narasumber dalam kegiatan orientasi ini ialah Ketua TP PKK Tapsel. Orientasi diadakan dua gelombang, yang masing-masing dilaksanakan 3 hari pelatihan.

Untuk gelombang pertama dilaksanakan mulai 30/11 hingga 2/12/2023. Sedangkan untuk gelombang kedua, dilaksanakan mulai 4 – 6/12/ 2023, urai Muhammad Yusuf. (JN-Irul)