Jamboree Siapsiaga Bencana, Bupati Dolly Berharap Giat ini Bermanfaat di Daerah

TAPSEL| Jelajahnews.id- Jamboree kesiapsiagaan penanggulangan bencana tahun 2024 telah dibuka oleh Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) H Dolly P Pasaribu di lapangan Parade Kantor Bupati Tapsel, Komplek Perkantoran Pemkab Tapsel pada hari Minggu (2/6/2024)

Dalam sambutannya, Bupati Dolly menyatakan bahwa berdasarkan catatan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), potensi terjadinya bencana di Tapsel mencapai 2.500 kejadian.

“Bisa dikatakan bahwa daerah kita ini sangat rawan terjadi bencana,” kata Dolly.

Dolly memaparkan bahwa kejadian bencana yang terjadi minggu-minggu ini bisa terjadi karena faktor alam dan kelalaian manusia, salah satunya seperti luapan air sepinggang orang dewasa telah terjadi di Desa Situmba, Kecamatan Sipirok. Semua ini tidak terlepas dari kelalaian dan perhatian bersama.

“Dalam situasi bencana di Tapsel, kita harus menghadapinya bersama, tanpa harus menyalahkan orang lain. Diharapkan kegiatan ini memberikan manfaat bagi semua pihak dalam menghadapi bencana sebagai daerah yang rawan,” tegas Dolly.

Dikesempatan yang sama, Kalaksa BPBD Tapsel, Umar Halomoan Daulay, menjelaskan bahwa Jambore ini dihubungkan dengan lomba pemasangan tenda pengungsi, dapur umum pertolongan pertama gawat darurat, dan cerdas cermat.

Pada tahun 2023, Tapsel berhasil menerima penghargaan atas pengelolaan peralatan terbaik di Indonesia bagian barat.

“Ada 3 daerah yang menerima penghargaan, yakni Tapsel, Padang, dan Aceh. Semua ini tidak terlepas dari dukungan Bapak Bupati dan PT AR. Begitu juga dengan kegiatan hari ini yang dibiayai langsung oleh PT AR,” jelas Umar.

Umar menyatakan bahwa BPBD telah menyiapkan masyarakat yang tangguh dalam menghadapi bencana. Harapannya, kegiatan ini dapat melahirkan desa-desa dan sekolah-sekolah yang tangguh dalam menghadapi bencana

“Pada tahun 2025 mendatang, kegiatan ini diharapkan sudah siap sesuai dengan RPJMD,” ujar Umar.

Pada kesempatan tersebut, PT AR juga menyerahkan alat pemadam kebakaran roda 3 untuk dipakai di daerah-daerah terpencil ke Pemkab Tapsel melalui Bupati.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kasatpol PP, Jhoni Gumansi, Manajemen PT AR, Satgas BPBD, Damkar, peserta Jambore Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana tahun 2024, dan pejabat lainnya. (JN-Irul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *