Jalan Rusak di Batu Jomba Kini Sudah Bisa Dilewati Kecuali Mobil Truck Muatan

TAPSEL| Jelajahnews – Jalan lintas Sumatera (Jalinsum) tepatnya di Batu Jomba, Kecamatan Sipirok, yang sempat putus kini sudah bisa dilewati mobil dengan sistem buka tutup kecuali truck bermuatan.

Hal itu diungkapkan oleh Kasat Lantas Polres Tapanuli Selatan (Tapsel) AKP Dahniel Saragih kepada awak media ketika dikonfirmasi melalui What’s App, Minggu (22/09/24).

banner 650x350

AKP Dahniel menyebutkan, sistem buka tutup jalan lintas ini hanya mobil tertentu saja yang melewatinya. Untuk mobil truck bermuatan belum bisa melewati jalur ini.

Sebab, lanjut Kasat, material yang ada di jalan lama-lama tergilas habis terkikis dan dikhawatirkan jalan tersebut kembali amblas apalagi cuaca saat ini musim hujan.

Disebutkannya, mobil truck tanpa ada muatan masih bisa melewatinya, tapi dengan kondisi jalan yang kering. Apabila ada mobil truck yang lewat dari jalur ini dengan kondisi hujan, jalan ini kembali hancur karena kondisi jalan.

“Kalau cuaca kering, mungkin kalau tanpa muatan /kosong colt Diesel bisa untuk turun. Kalau menanjak lewat beberapa unit, Tergilas lama lama material yang ada habis terkikis,” ungkap Kasat Lantas yang sempat ngendong bayi melewati jalan Batu Jomba.

Lebih lanjut, AKP Dahniel mengatakan, meskipun cuaca tidak hujan, truck bermuatan tetap ditarik juga karena tidak kuat menganjak. Jadi ia menghimbau agar truck bermuatan dari jalur alternatif sampai perbaikan jalan lebih maksimal.

“Kalau semua lewat batu Jomba tidak sampai satu hari pasti jalan nya hancur lagi. Jadi kami mengimbau kepada pengendara truck agar melewati jalur alternatif menunggu perbaikan yang lebih maksimal dari balai besar jalan nasional,” pungkasnya. (JN-Irul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *