Inspeksi Mendadak! Lapas P.Sidimpuan Razia Insidentil di Kamar Hunian

P.Sidimpuan| Jelajahnews.id – Tim Satops Patnal Kanwil Kemenkumham Sumut mendadak menggelar giat Inspeksi Mendadak (SIDAK) di kamar hunian Lapas Kelas IIB Padangsidimpuan (Psp), Kamis (06/05/2024).

Kegiatan sidak ini dilakukan atas perintah Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara (Sumut), Anak Agung Gde Krisna ke beberapa Lapas di wilayah Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel).

Kasubbid Keamanan Kemenkumham Sumut, Leonardo Panjaitan,SH.MH menjelaskan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan gunan terciptanya Unit Pelaksana Tugas (UPT) yang aman, tertib dan bebas dari peredaran barang-barang terlarang.

Selain sidak, Tim Satops Patnal Kanwil Kemenkumham Sumut ini juga bertujuan hadir untuk melaksanakan berbagai kegiatan seperti Razia Insidentil Kamar Hunian WBP, Test Urine Pegawai dan Narapidan serta pengecekan sarana prasarana pengamanan.

Leonardo Panjatian juga menyebutkan, dikesempatan ini Tim Satops Patnal Kanwil dibantu petugas lapas kelas IIB P.sidimpuan menggelar razia kamar hunian, guna memastikan bahwa lapas kelas IIB P.sidimpuan bersih dari peredaran barang-barang terlarang seperti handphone, pungli dan Narkoba ( Halinar ).

Dikatakan Leonardo, adapun kamar yang digeledah terdiri dari Kamar 8 Blok A, Kamar 8 Blok B, Kamar 1 Blok D dan Kamar 10 Blok E yang dipilih secara acak oleh Tim dari Kantor wilayah Kemenkemunham Sumut.

“Dari hasil razia, petugas menemukan barang terlarang berupa kartu Remi, Mancis, Gunting, sendok stainles dan pisau rakitan. Dan dalam razia tidak ditemukan barang-barang terlarang seperti handphone dan narkoba,” pungkasnya.

Sementara Kalapas, Japaham Sinaga menegaskan kepada warga binaan bahwa pelaksanaan razia atau penggeledahan ini bertujuan semata-mata dalam rangka deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban di dalam Lapas.

Disebutkannya bahwa keamanan dan ketertiban di Lapas adalah tanggung jawab bersama. Japaham mengajak warga binaan untuk saling menjaga keamanan dan ketertiban di Lapas.

Terakhir ia mengimbau kepada warga binaan agar tak lupa selalu menjaga kebersihan di masing-masing kamar huniannya, guna terciptanya kondisi yang aman dan bersih. (JN-Irul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *