Himapsi Audensi dengan Wali Kota Pematangsiantar

P.SIANTARWali Kota Pematangsiantar Susanti Dewayani terima audensi DPP Himpunan Mahasiswa dan Pemuda Simalungun (Himapsi), di rumah dinas Wali Kota, Jalan Kapten MH Sitorus, Sabtu (22/6/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Susanti Dewayani menyampaikan Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar tetap konsisten dalam pelestarian budaya Simalungun di Kota Pematangsiantar. Berbagai program terus dilakukan untuk mendukung pengembangan budaya Simalungun.

Susanti juga mengatakan, kurikulum budaya Simalungun terus diterapkan di sekolah-sekolah. Begitu juga semboyan Kota Pematangsiantar, yakni Sapangambei Manoktok Hitei akan dicantumkan dalam logo Kota Pematangsiantar.

“Selain itu, mars Kota Pematangsiantar akan segera di-perda-kan oleh DPRD Kota Pematangsiantar,” sebut Susanti.

Masih kata Susanti, berbagai kegiatan lainnya juga akan terus dilakukan demi mengembangkan kelestarian budaya Simalungun. Termasuk berdirinya patung Raja Sang Naualuh Damanik.

Sementara itu, Ketua DPP Himapsi Dian G Purba Tambak didampingi sejumlah pengurus mengapresiasi kepedulian Wali Kota Pematangsiantar terhadap pelestarian budaya Simalungun.

Dian G Purba Tambak juga meminta wali kota untuk tetap mempertahankan konsistensi dalam melestarikan budaya Simalungun.

Dian mengaku sangat mengapresiasi pembangunan patung Raja Sang Naualuh Damanik yang segera terealisasi.

“Patung Raja Sangnawaluh Damanik harus terbangun di tahun. Jika itu terjadi, ini merupakan prestasi yang luar biasa dari Ibu Wali Kota, karena pembangunan itu sudah tertinggal belasan tahun,” sebut pria yang berprofesi sebagai dosen di Universitas Simalungun (USI) tersebut.

Dian berharap, ke depannya Himapsi dapat disertakan dalam program pengembangan budaya Simalungun di Kota Pematangsiantar.

Ia juga mengajak Susanti untuk menggelar kegiatan budaya Simalungun mulai tingkat kelurahan hingga kecamatan. Seperti Pesta Rondang Bintang maupun sejenisnya.

“Wali kota juga harus memberdayakan SDM suku Simalungun yang berpotensi, yang mampu membantu Ibu Wali Kota di pemerintahan kota Pematangsiantar,” tandasnya. (kb/rp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *