Buka Layanan Pertanahan Terbatas Saat Lebaran, Masyarakat: Alhamdulillah Dapat Pelayanan yang Baik

JAKARTA| Jelajahnews – Lebaran bukan lagi hala JAKARTA ngan untuk mengurus administrasi pertanahan. Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) tetap membuka layanan pertanahan secara terbatas selama libur dan cuti bersama Idulfitri 1446 H, tepatnya pada 2, 3, 4, dan 7 April 2025.

Layanan ini disambut baik oleh masyarakat di berbagai daerah, terutama para pemudik yang ingin memanfaatkan momen pulang kampung untuk menyelesaikan urusan pertanahan.

Langkah ini merupakan bagian dari komitmen ATR/BPN untuk memberikan kemudahan akses dan pelayanan yang responsif terhadap kebutuhan masyarakat, tanpa terkendala waktu dan situasi libur nasional.

Di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, Muhammad Satri, warga Nagari Kubang Putih yang merantau di Bandung, menjadi salah satu pemohon yang datang ke Kantor Pertanahan setempat.

Ia memanfaatkan waktu mudiknya untuk berkonsultasi mengenai sertipikat toko milik ibundanya yang hilang.

“Kami mendapatkan informasi dari notaris bahwa ada layanan khusus di ATR/BPN pada hari Lebaran 2025. Jadi, kami manfaatkan kesempatan ini untuk datang berkonsultasi, dan Alhamdulillah mendapatkan layanan yang baik,” ujar Satri, Kamis (03/04/2025).

Menurutnya, layanan ini sangat membantu perantau seperti dirinya yang memiliki keterbatasan waktu untuk kembali ke kampung hanya untuk mengurus dokumen.

“Kami yang merantau tidak hanya ingin bersilaturahmi, tetapi juga memiliki keperluan administratif seperti pengurusan sertipikat.

Dengan adanya layanan ini, kami bisa tetap menikmati momen Lebaran tanpa khawatir harus kembali ke kampung di lain waktu hanya untuk mengurus dokumen,” imbuhnya.

Sementara itu di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Tiffany Olivia (48), Pegawai Negeri Sipil asal Jakarta juga merasa sangat terbantu dengan layanan yang ia akses di Kantor Pertanahan setempat. Tiffany datang untuk mengambil sertipikat tanah yang sebelumnya telah diurus.

“Alhamdulillah dimudahkan dari BPN untuk bisa mengurus surat-surat. Kalau hari kerja biasa mungkin agak kesulitan datang ke sini. Dengan layanan mudik begini, jadi mudah, lancar. Enak lah pokoknya,” ucapnya, Jumat (04/04/2025).

Ia juga menilai pelayanan pertanahan kini semakin baik dan informatif. “Sekarang lebih informatif, pelayanannya bagus, dan pegawainya juga interaktif ke masyarakat. Pokoknya bagus sekarang,” tambah Tiffany.

Senada dengan itu, Nike (53), pemudik asal Kota Malang, Jawa Timur yang sedang berada di Jombang, juga memanfaatkan layanan libur Lebaran untuk mengecek keabsahan sertipikat tanah milik keluarganya.

“Kita googling karena pas libur, ternyata BPN buka. Ya langsung kami datangi, ini layanannya sangat membantu sekali bagi kami,” ungkap pegawai Universitas Brawijaya Malang tersebut.

Menurutnya, keberadaan layanan ini memberikan rasa aman dan kepastian bagi masyarakat yang ingin memastikan legalitas aset properti milik keluarga di kampung halaman.

Dengan dibukanya layanan ini di berbagai wilayah, masyarakat merasa terbantu dan semakin percaya bahwa pelayanan publik, khususnya pertanahan, kini lebih adaptif terhadap kebutuhan masyarakat, termasuk di masa libur panjang.

Kehadiran layanan terbatas di masa Lebaran ini menjadi bukti bahwa reformasi birokrasi terus berjalan, dan pelayanan publik kini tidak lagi terbatas oleh ruang dan waktu.(JN- Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *