Gelar Sosialisasi, KPU Sidimpuan Ajak Wartawan Sukseskan Pilkada Serentak 2024

P.SIDIMPUAN| Jelajahnews – Salah satu mensukseskan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara, Pilkada Walikota dan Wakil Walikota dengan melibatkan media massa.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua KPU Padangsidimpuan, Tagor Dumora,SH kepada peserta wartawan di Ruang Seminar Kampus UMTS Padangsidimpuan (Psp), Kamis (17/10/2024).

banner 650x350

Kegiatan tersebut dihadiri wartawan dalam acara Sosialisasi Peningkatan Partisipasi Masyarakat dan Pendidikan Pemilih Pada Pemilihan Serentak Tahun 2024 kepada Media Massa.

“Media sangat penting dalam menentukan suksesnya pelaksanaan Pilkada serentak yang akan digelar pada tanggal 27 November mendatang,” ungkap Tagor.

Tagor menilai bahwa media massa melalui pemberitaan, bisa memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait Pilkada, sehingga bisa meningkatkan partisipasi pemilih.

“Hal hal yang berkenaan dengan informasi lainnya, rekan rekan pers bisa mendapatkan informasi di Kantor KPU,” sebutnya.

Menurutnya, publikasi dari media massa sangat berperan sebagai penyambung lidah atau penyampai pesan kepada masyarakat terkait hak masyarakat dan aturan pelaksanaan pilkada serentak ini.

“Dalam hal ini, kolaborasi media massa dengan KPU sangat diperlukan untuk memastikan masyarakat mendapatkan informasi yang lengkap dan akurat, bukan informasi yang hoax atau di duga,” ujar Tagor.

Untuk itu, ia secara langsung mengucapkan rasa terimakasih kepada para peserta dari kawan-kawan media yang sudah menyempatkan diri hadir pada kegiatan ini.

Divisi Sosdiklih, SDM, Parmas KPU Kota Padangsidimpuan Parlagutan Harahap dalam paparannya antaralain menyebutkan bahwa berbagai upaya telah dilakukan oleh KPU Kota P.sidimpuan dalam upaya meningkatkan partisipasi masyarakat untuk mempergunakan hak pilihnya.

Diantaranya melalui KPU Go To Schol untuk pemilih pemula, sosialisasi terhadap ibu ibu Bhayangkari dan Persit.

“Tingkat partisipasi masyarakat Kota Padangsidimpuan pada pemilu yang lalu sudah meningkat. Untuk Pilkada yang akan datang akan kita coba tingkatkan lagi.

Jadi peran pers dalam hal ini kami anggap punya peran dalam suksesi Pilkada serentak tahun 2024 ini,” katanya.

Sementara itu Komisioner KPU Usman Rihamol Siskandar Siregar menyampaikan terkait data pemilih, aturan perpindahan pemilih serta langkah langkah yang dapat di ambil warga pemilih untuk melaksanakan hak demokrasinya.

Disampaikan juga bahwa hingga saat ini Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kota Padangsidimpuan 161.786 pemilih yang tersebar di 6 Kecamatan, 79 Kelurahan/Desa pada 371 Tempat Pemilihan Suara (TPS).

Usman juga menyampaikan bahwa masyarakat dapat mengetahui atau memastikan bahwa sudah terdaftar selaku pemilih dan lokasi tempatnya memilih secara online melalui https//cekdptonline.kpu.go.id 2024.

Selanjutnya, acara sosialisasi ini dilanjutkan dengan dialog/ pertanyaan oleh peserta kepada narasumber dan diakhiri doa bersama. (JN-Irul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *