8 Prodi di IPTS Peroleh Akreditasi B, Minat Calon Mahasiswa Mendatfar Standar

SIDEMPUAN – 11 program studi (prodi) di Institut Pendidikan Tapanuli Selatan (IPTS) Padang Sidempuan dan sudah 8 prodi yang akreditasi B. Sementara 3 prodi masih akreditasi C yakni pendidikan Kimia, PGSD dan Informatika Komputer.

Kedelapan prodi akreditasi B itu adalah Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Pendidikan PPkn, Sejarah, Ekonomi, Matematika, Fisika dan Biologi.

Rektor IPTS Padang Sidempuan, H Mhd Nau Ritonga membenarkan bahwa IPTS telah akreditasi B. Hal tersebut disampaikan diruang kerjanya saat ditemui JELAJAHNEWS.ID, Sabtu (13/8/2022) siang.

“Jadi hanya 3 prodi yang belum akreditasi C. Saya kira itulah bentuk ke pemerintahan untuk legalitas perguruan tinggi,” kata Rektor IPTS H Mhd Nau Ritonga didampingi Tamin Ritonga.

Dikatakan Rektor bahwa hingga saat ini belum ada arahan dari pemerintah kepada pihaknya. “Kalau sudah ada arahan dari Dirjen Dikti atau L2 Dikti, kita akan melaksanakan bukan daring lagi,” katanya.

Waktu itu pihaknya telah melapor langsung kepada Wali Kota seperti apa dilaksanakan dalam menjalankan protokol kesehatan.

Sementara dari bulan April hingga saat ini mahasiswa yang mendaftar ada sekitar 450 orang, dan masih ada kesempatan untuk mendaftar sampai bulan Agustus.

Tahun lalu di masa pandemi, mahasiswa yang mendaftar masih tergolong netral. Biasanya penerimaan mahasiswa IPTS sekitar 600 orang. Namun tahun lalu ada 700 sampai 800 orang mahasiswa yang mendaftar.

Artinya, tahun yang lewat penerimaan pendaftaran mahasiswa dimasa Covid-19 tidak begitu pengaruh untuk mengurangi minat mahasiswa melanjutkan pendidikan. Mahasiswa yang mendaftar ke IPTS di masa Covid-19 tidak menurun.

“Persepsi orang di masa pandemi Covid-19 mahasiswa yang mendaftar menurun, banyak yang putus sekolah. Kalau kita (IPTS) naiknya pun tidak signifikan, standarlah,” katanya. (JNS-Irul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *