Sekda Langkat Buka Rembuk Stunting 2024

Langkat2 views

LANGKAT – Pemerintah Kabupaten Langkat membuat kegiatan Rembuk Stunting Kabupaten Langkat tahun 2024 dengan tema “Membangun Generasi Yang Sehat Cerdas dan Produktif”.

Kegiatan ini dibuka oleh Pj Bupati Langkat diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Langkat bertempat di Jentera Malay Rumah Dinas Bupati Langkat pada, Senin (20/5/2024).

Pemerintah Kabupaten Langkat bergerak menurunkan angka stunting pada tahun 2023 menjadi 16,90 %. Upaya penurunan ini terus dilakukan sesuai Peraturan Presiden Nomor 22 tahun 2021 untuk menurunkan angka stunting 10% pada tahun 2024.

Berdasarkan target yang harus tercapai, Pj Bupati Langkat Faisal Hasrimy diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Langkat Amril, S.Sos., M.AP melalui kegiatan ini menekankan
1. Kepada Camat, Kepala Desa untuk membentuk TPPS baik di Kecamatan, Desa dan menetapkan Desa Binaan Prioritas Stunting
2. Mengalokasikan anggaran untuk stunting melalui dana Desa.
3. Program dan kegiatan dari Kepala OPD untuk lebih fokus ke stunting sebagai percepatan penurunan stunting di Kabupaten Langkat.
4. Seluruh komponen dan element masyarakat untuk berkolaborasi penurunan stunting Kabupaten Langkat.

“Dibuatnya kegiatan ini diharapkan dapat mempercepat penurunan angka stunting Kabupaten Langkat sehingga Kabupaten Langkat bisa menciptakan generasi yang sehat dan berkualitas harap Sekda Amril.

Komitmen Pemerintah Kabupaten Langkat ini dibuktikan dengan Penandatanganan Komitmen bersama oleh Pj Bupati Langkat, ketua DPRD Kabupaten Langkat, Kapolres Langkat, Sekdakab Langkat, Kemendag Langkat, Ketua TP. PKK Kabupaten Langkat, Bappeda Litbang Langkat, Seluruh Kepala OPD Pemkab Langkat, camat Se Kabupaten Langkat, Kapus se Kabupaten Langkat, Kepala Desa se Kabupaten Langkat, MUI, basnaz, PDAM Tirta Wampu, KNPI, IDI, IBI, PT LNK, PT. bank Sumut, PT. Tirta Investama Aqua.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan pemberian penghargaan kepada Kecamatan, Desa, Puskesmas dan TPK Terbaik Penurunan Stunting Kabupaten Langkat.
Kecamatan terbaik :
1. Hinai
2. Pematang jaya
3. Brandan Barat

Kelurahan terbaik:
1. Kelurahan Tanjung selamat Kecamatan Padang tualang
2. Kelurahan Sei nilai Kecamatan Sei lepan
3. Kelurahan Bingai Kecamatan Wampu

Desa terbaik:
1. Desa Turangi Kecamatan Salapian
2. Desa Alur Melati Kecamatan Sawit Seberang
3. Desa Karya Jadi Batang Serangan

Puskesmas terbaik:
1. Puskesmas Sambirejo kecamatan Binjai
2. Puskesmas Pematang Jaya Kecamatan Pematang Jaya
3. Puskesmas Secanggang Kecamatan Secanggang

TPK terbaik :
1. TPK Desa Karang Gading Kecamatan Secanggang
2. TPK Sambirejo Kecamatan Binjai
3. TPK Desa Suka Damai Kecamatan Hinai