Pemkab Tapsel Terbaik ke 3 Kepatuhan Pelayanan Publik, Ini Daftarnya

TAPSEL – Bupati Tapanuli Selatan, Dolly Putra Pasaribu bersama 7 kepala daerah di Sumatera Utara meraih penghargaan dari Ombudsman RI perwakilan Sumut tentang Kepatuhan terhadap Pelayanan Publik.

Pemkab Tapsel meraih peringkat ke 3 dari 33 Kab/Kota se-Sumatera Utara, dan peringkat ke 27 dari 514 Kabupaten se-Indonesia.

Amatan jelajahnews.id, Selasa (18/1/2022) penghargaan ini pun diunggah oleh Bupati Tapsel, Dolly Putra Pasaribu di akun instagram miliknya.

Bupati Tapsel pun menuliskan rasa syukurnya atas keberhasilan daerah yang dipimpinnya memperoleh penghargaan tersebut.

“Alhamdulillah, tadi pagi di Kantor Perwakilan Sumatera Utara Ombudsman RI, saya bersama 7 kepala daerah lain menerima penghargaan dari Ombudsman RI tentang Kepatuhan terhadap pelayanan publik zona hijau,” tulisnya.

Sebelumnya, ada 8 dari 34 Pemerintah Daerah di Sumatera Utara meraih zona hijau berdasarkan hasil survei kepatuhan Ombudsman RI tahun 2021.

Proses survei/penilaian itu dilakukan tim Ombudsman RI perwakilan Sumatera Utara sejak Juni hingga Agustus 2021 pada 34 Pemda se Sumut, termasuk Pemprovsu.

Dirilis dari Ombudsman RI perwakilan Sumut, peringkat kepatuhan terhadap pelayanan publik zona hijau adalah,  Walikota Medan Bobby Afif Nasution, Bupati Batubara Zahir MAP, dan Bupati Dairi Eddy Kelleng AT Berutu.

Selain itu, Bupati Tapsel H Dolly Pasaribu, Walikota Tebingtinggi Umar Zunaidi Hasibuan, Wakil Walikota Siantar Togar Sitorus, Sekda Humbahas Tonny Sihombing dan Asisten Pemkab Deliserdang Dedy Maswardy.

“Terima kasih tentunya saya ucapkan kepada Ombudsman RI yang banyak memberikan bimbingan dan arahan pada Pemkab Tapsel.  Terima kasih juga atas kerja keras pimpinan OPD yang memberikan pelayanan publik dengan baik,” lanjut Dolly Putra Pasaribu di akun instagramnya.

Tak lupa pula, Dolly mengucapkan kepada masyarakat Tapanuli Selatan tercinta yang selalu memberikan masukan pembangunan untuk pelayanan kebutuhan masyarakat yang semakin cepat, transparan dan akuntabel.

Sementara, penilaian dikelompokkan dalam 3 predikat zona, yakni hijau (baik) sebanyak 8 Pemda, kuning (sedang) 18 Pemda dan merah (buruk) 8 Pemda.

Berikut daftar predikat zona Kepatuhan Pelayanan Publik:

A. ZONA HIJAU
1. Pemkab Deli Serdang 98,90
2. Pemkab Dairi 93,29
3. Pemkab Tapanuli Selatan 91,06
4. Pemkab Humbang Hasundutan 90,37
5. Pemkab Batubara 89,67
6. Pemko Medan 89,22
7. Pemko Tebing Tinggi 86,51
8. Pemko Pematangsiantar 83,57

B. ZONA KUNING
1. Pemkab Langkat 80,28
2. Pemkab Tapanuli Utara 78,34
3. Pemkab Serdang Bedagai 77,03
4. Pemprov Sumatera Utara 74,68
5. Pemkab Asahan 69,69
6. Pemko Padangsidimpuan 69,53
7. Pemkab Karo 68,62
8. Pemkab Samosir 66,96
9. Pemko Gunungsitoli 66,84
10. Pemko Tangjungbalai 63,42
11. Pemko Binjai 62,12
12. Pemkab Pakpak Bharat 61,75
13. Pemkab Simalungun 61,53
14. Pemkab Nias Utara 59,77
15. Pemkab Mandailing Natal 59,53
16. Pemkab Labuhanbatu Selatan 53,45
17. Pemkab Labuhanbatu 51,58
18. Pemkab Nias Barat 51,46

C. ZONA MERAH
1. Pemkab Nias Selatan 47,94
2. Pemkab Labuhanbatu Utara 46,54
3. Pemkab Toba 45,51
4. Pemkab Padang Lawas 44,97
5. Pemkab Padang Lawas Utara 41,75
6. Pemkab Tapanuli Tengah 40,93
7. Pemko Sibolga 34,08
8. Pemkab Nias 32,06

(SJN/Irul)