Mahasiswa Univa Labuhanbatu Berhasil Lolos KMI Expo XV 2024

Labuhanbatu| Jelajahnews.id- Mahasiswa Univa Al Washliyah Labuhanbatu berhasil lolos mengikuti Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo XV Tahun 2024.

Hal itu diungkapkan oleh Rektor Universitas Al Washliyah Labuhanbatu Dr. Basyarul Ulya, SH, MM melalui Wakil Rektor III Bapak Endi Zunaedy Pasaribu, M.Pd. kepada awak media, Jum’at (07/06/09/24).

Disebutkan Endi Zunaidy, bahwa KMI Expo XV Tahun 2024 akan digelar di Universitas Halu Oleo, Kendari, Sulawesi Tenggara pada tanggal 23-25 Oktober 2024.

Sebelum ikut KMI ini, kata Endi, Kelompok Mahasiswa berhasil menerima Dana Hibah Program Pembinaan Mahasiswa Wira Usaha (P2MW) Tahun 2024 Dengan Program Budidaya Ikan Gurami Organik.

“Kelompok ini berhasil mendapatkan bantuan Dana Hibah dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi pada Bulan Juli 2024 yang lalu,” ujarnya.

Dijelaskannya, Budidaya Ikan Gurami Organik ini berjalan dimulai dengan rasa kegusaran adik-adik mahasiswa melihat banyaknya tanaman kangkung liar di seputaran kampus dan tempat tinggalnya masing-masing.

Melihat hal ini, Adik-adik mahasiswa berharap ke depan tanaman kangkung liar ini akan memiliki nilai jual yang tinggi, sehingga menciptakan peluang bagi masyarakat sekitar bagi yang ingin memanfaatkan peluang.

Beranjak dari rasa gusar ini, sekolompok Mahasiswa Univa Labuhanbatu berinisiatif membuat usaha Budidaya Ikan Gurami Organik. Dengan memanfaatkan bahan dasar yang mudah di dapatkan ini, Kelompok ini juga berusaha mengolah pakan sendiri.

Diketahui, usaha Budidaya Ikan Gurami Organik ini berkat hasil diskusi mereka dengan salah satu Dosen di Univa Labuhanbatu yaitu Ibu Mesrawati, M.Pd dengan Komposisi isi terdiri dari Kangkung, Jagung, Dedak dan Kacang Kedelai.

Tak hanya berhenti sampai disitu Kelompok yang dimentori oleh Ibu Mesrawati, M.Pd mencoba mendiskusikan keinginan Kelompok ini kepada Wakil Rektor III Bapak Endi Zunaedy Pasaribu, M.Pd.

Wakil Rektor III menyambut baik keinginan Kelompok Mahasiswa dengan mengikut sertakan mereka pada Seleksi Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha atau yang sering dibilang P2MW.

“Tentunya Program ini berjalan dan bisa berhasil berkat dukungan dan support dari Rektor Universitas Al Washliyah Labuhanbatu Dr. Basyarul Ulya, SH, MM,” ucap Warek lll, Endi.

Dikatakannya, berkat bantuan Dana Hibah, Kelompok ini telah berhasil panen perdana Ikan Gurami Organik nya.

“Capaian keberhasilan ini mereka tunjukkan kembali dengan mengikuti seleksi Kewirausahaan Mahasiswa Expo XV Tahun 2024,”tandas Endi. (JN-*)