Gelar Napak Tilas di Gunung Simbolon, Bupati Simalungun Hadir Bersama Komisi 1 DPR RI

SIMALUNGUN- Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholand Sinaga bersama Komisi 1 DPR RI Effendi Simbolon melakukan napak tilas di Gunung Si Imbou Bolon (Gunung Simbolon) di Nagori Dolok Simbolon Kecamatan Tapian Dolok Kabupaten Simalungun, Sumut, Minggu (25/6/2023)

Sebelum melakukan napak tilas, dilaksanakan kegiatan kebaktian di Gereja HKBP Dolok Simbolon dipimpin Praeses Distrik 7 Samosir Pdt Renjustin Gultom STH MTH.

Bupati Simalungun dalam sambutannya, menyampaikan terimakasih atas kunjungan Ketua PSBI (Punguan Simbolon dohot Boru Indonesia) di Nagori Dolok Simbolon.

Melihat kondisi jalan menuju Nagori Dolok Simbolon, Bupati memyampaikan, infrastruktur jalan di Kabupaten Simalungun cukup panjang dan kondisinya masih banyak yang perlu di perbaiki.

“Kita terus melakukan upaya untuk melakukan perbaikan kondisi jalan kita dan ini menjadi pekerjaan rumah bagi kita semua, dan tidak hanya untuk infrastruktur jalan, namun juga pendidikan dan kesehatan juga menjadi perhatian kita, termasuk internet,”kata Bupati

Untuk itu, melalui Komisi 1 DPR RI , Bupati berharap agar Presiden RI dapat hadir di Simalungun untuk melihat sekaligus memberikan perhatian terhadap pembangunan Kabupaten Simalungun.

Sementara itu, Komisi 1 DPR RI Effendi Simbolon menyampaikan bahwa kehadirannya dalam napak tilas di Gunung Simbolon bukan untuk mengklaim atau mengakui Dolok Simbolon sebagai tanah leluhurnya.

“Ini milik kita semua bangsa Indonesia. Jadi yang kami lakukan adalah memberikan apresiasi kepada masyarakat Simalungun yang telah menerima leluhur kami hadir di Nagori Dolok Simbolon,”ucapnya.

Effendi mengajak masyarakat agar tetap menjaga keberagaman dan kebersamaan. “Kita harus melihat ini sebagai putra putri Bangsa Indonesia yang penuh keberagaman,”ujarnya.

Selanjutnya, Effendi tidak lupa mengucapkan trimakasih, karena kehadirannya disambut dengan baik oleh masyarakat, melalui Bupati Simalungun.

“Kami berharap apa yang menjadi keinginan bupati dapat di dengar langsung oleh presiden, sehingga Simalungun ini dapat di perbaiki dan di bangun menjadi lebih baik,”sebut Effendi.

Efendi mengapresiasi Bupati Simalungun yang telah melakukan haroan bolon (gotong royong) dengan melibatkan para perantau yang telah berhasil untuk bersama-sama membangun Simalungun.

Menurut Efendi, program marharoan bolon yang telah dilakukan Bupati Simalungun dalam menanggulangi kerusakan jalan sangat baik.

“Sampai kepada bapak Bupati apa yang menjadi aspirasi kita, saya kira Bupati dapat menerimanya,”kata Effendi lepada masyarakat.

Dalam kegiatan itu, PSBI yang dikoordinir oleh Effendi Simbolon memberikan tali asih ke rumah-rumah ibadah, hal ini dilakukan sebagai wujud apresiasi PSBI terhadap masyarakat Simalungun yang telah menerima leluhurnya di Tanoh Hanonaron Do Bona. ( kb/rp)