DPRD Langkat Gelar Paripurna Penjelasan 6 Ranperda

LANGKATDPRD Kabupaten Langkat menggelar rapat paripurna penjelasan atas 3 Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) diwakili Sekda Langkat Amril, dan penjelasan 3 Ranperda inisiatif DPRD melalui Wakil Ketua Bapemperda Azmaliah, di gedung DPRD Langkat, Selasa (11/6/2024).

Rapat paripurna dipimpin langsung Ketua DPRD Langkat Sribana Perangin Angin didampingi tiga Wakil Ketua DPRD Langkat (Donny Setha, Ralin Sinulingga dan Antoni)

Adapun Tiga Ranperda Pemkab itu iala, Ranperda tentang Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, Ranperda tentang perubahan atas Perda nomor 8 tahun 2018 tentang Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun, dan Ranperda tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) tahun 2025-2045.

Sedangkan tiga Ranperda inisiatif DPRD yang dijelaskan Azmaliah adalah Ranperda tentang Penyelenggaraan Pendidikan Kesehatan Reproduksi Pada Remaja, Ranperda tentang Pengelolaan Laboratorium Lingkungan, Ranperda tentang Optimalisasi Pengelolaan Zakat, Infaq dan Sedekah.

Pada rapat paripurna itu, Sekda Langkat Amril menjelaskan secara detail ketiga Ranperda, seperti Ranperda Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan perlu diatur demi melindungi kedudukan tenaga kerja juga demi peningkatan kesejahteraan pekerja sesuai Instruksi Presiden nomor 2 tahun 2021 tentang optimalisasi pelaksanaan Jamsostek sehingga Pemerintah Daerah perlu menetapkan regulasinya.

Untuk Ranperda tentang Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun diubah karena ada kewenangan Pemda yang disesuaikan dengan keluarkan UU Cipta Kerja. Sedangkan Ranperda RPJPD dibuat demi mendukung perwujudan pembangunan menuju Indonesia emas tahun 2045.

Sementara Wakil Ketua Bapemperda DPRD Langkat, Azmaliah, pada penjelasannya secara rinci memaparkan latar belakang, sasaran yang ingin diwujudkan dari 3 Ranperda inisiatif DPRD dan ruang lingkup yang akan diatur.

Selanjutnya dalam rapat paripurna itu, fraksi-fraksi DPRD Langkat memberikan tanggapan terhadap Ranperda Pemerintah Kabupaten Langkat yang disampaikan melalui pandangan umum fraksi.(jns)