Rabu, 15 Oktober 2025 WIB

Lewat Bimtek Service Excellent, Wali Kota Medan Dorong ASN Terapkan Prinsip 7S dalam Pelayanan

editor - Selasa, 19 Agustus 2025 20:54 WIB
Lewat Bimtek Service Excellent, Wali Kota Medan Dorong ASN Terapkan Prinsip 7S dalam Pelayanan
Wali Kota Medan, Rico Tri Putra Bayu Waas

MEDAN -Wali Kota Medan, Rico Tri Putra Bayu Waas, menekankan pentingnya aparatur sipil negara (ASN) memberikan pelayanan terbaik dengan sepenuh hati. Hal itu disampaikan saat membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Service Excellent bagi lurah dan perangkat kelurahan di lingkungan Pemerintah Kota Medan Tahun Anggaran 2025, di Le Polonia Hotel Medan, Selasa (19/8/2025).

Menurut Rico, lurah dan camat adalah wajah pemerintah di mata masyarakat. Karena itu, ia meminta seluruh ASN bersikap ramah, terbuka terhadap masukan, serta menjadikan jabatan sebagai amanah, bukan sekadar kedudukan. "Ingat, saat kita mengabdi di Pemko, kita adalah pelayan masyarakat. Lewat wajah kita, masyarakat menilai wajah pemerintah," tegasnya.

Untuk memperkuat pesan tersebut, Rico memperkenalkan prinsip pelayanan 7S, yakni senyum, sapa, salam, sopan, santun, semangat, dan solusi. "Apapun masalah yang dihadapi masyarakat, termasuk soal drainase, harus kita jawab dengan semangat solusi. Dengan begitu, kita bisa menciptakan lingkungan kerja yang baik dan menyenangkan," katanya.

Baca Juga:
Rico juga mengingatkan agar ASN menghindari pelayanan buruk yang dapat mencoreng citra pemerintah. "Jangan sampai ada lagi masalah pelayanan yang viral. Carilah solusi terbaik, evaluasi diri, dan layani masyarakat sepenuh hati. Itulah wujud perjuangan kemerdekaan di era sekarang," jelasnya.

Bimtek yang diikuti 142 lurah, lima Plt lurah, dan empat sekretaris lurah ini turut dihadiri Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat M. Sofyan, Asisten Administrasi Umum Ferri Ichsan, Kabag Tapem Andrew Fransiska Ayu, Kabag Umum Rasyid Ridho Nasution, serta Plt Kabag Prokopim M. Agha Novrian.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Medan, Subhan Fajri Harahap, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan meningkatkan pemahaman tentang konsep dan prinsip Service Excellent dalam pelayanan publik. "Bimtek ini menghadirkan tenaga pengajar profesional, Madame Puly Yunita Daulay dan Miss Erliza Rizki Firdaus, untuk mendukung pencapaian nilai indeks profesionalitas ASN Pemko Medan," ujarnya.

Dengan adanya pelatihan ini, Pemko Medan berharap terbentuk budaya kerja ASN yang profesional, berintegritas, dan berorientasi pada solusi nyata bagi masyarakat.

Editor
: editor
SHARE:
 
Tags
 
Komentar
 
Berita Terbaru