Bupati Buka Festival Seni Budaya Antar Pelajar Meriahkan Hari Jadi Ke-73 Kab. Tapsel

TAPSEL– Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) H.Dolly Pasaribu SPT MM diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Tapsel Sofyan Adil SP,MM mengapresiasi Dinas Pendidikan Kabupaten Tapsel.

Sebab, telah menyelenggarakan acara Festival seni dan budaya antar pelajar dengan harapan kegiatan ini bisa terus dilaksanakan di tahun-tahun yang akan datang.

Demikian disampaikan Sekda Tapsel Sofyan Adil SP MM saat membuka acara Festival Seni Budaya Antar Pelajar dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Ke-73 Pemkab Tapsel di lapangan Sepak Bola SMPN 1 Angkola Timur Desa Pargarutan Tonga Selasa (14/11-2023).

Disampaikan,” pembangunan berkelanjutan ini tidak hanya pembangunan fisik tapi juga pembangunan sumber daya manusia (SDM) dan juga kearifan-kearifan lokal yang ada di Tapanuli Selatan, untuk terus melestarikan Adat budaya ini Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan.

Begitu juga dengan wacana kita untuk menggitalisasi aksara angkola. Itulah upaya Pemkab Tapanuli Selatan untuk melestarikan budaya Tapanuli Selatan, semoga Adat budaya ini bisa kita Lestarikan, dan bermanfaat secara ekonomi dan juga bisa menumbuhkan adab bagi anak-anak pelajar kita ini,” ungkap Sofyan.

Pada kesempatan ini kami juga menyarankan kepada panitia kalaulah bisa jangan perilaku yang kita lestarikan tapi aksara angkola itu kita lestarikan,” harapnya.

Diharapkan untuk tahun depan agar dibuat lomba menyurat atau lomba dongeng secara tertulis menggunakan aksara angkola.

Pemkab Tapsel dibawah kepemimpinan.Bupati H.Dolly Pasaribu SPt MM dalam mewujudkan masyarakat Yang sehat, cerdas dan sejahtera terus menjalin komunikasi dengan Menko PMK yaitu bagaimana melestarikan dan mengembangkan aksara ini. Semoga nanti bisa secara digital aksara angkola ini kita wujudkan dan bisa kita aplikasikan melalui HP. Itulah wacana kita untuk tetap melestarikan Adat yang ada di Tapanuli Selatan,” harap Sekda.

“Acara pembukaan Festival Seni Budaya Antar Pelajar dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Ke-73 Kabupaten Tapanuli Selatan ditandai dengan pemukulan gong Oleh Sekda Tapanuli Selatan Sofyan Adil SP MM didampingi Kadis Pendidikan Tapsel Arman Pasaribu S. Sos M. Si yang diwakili Kabid Kebudayaan Hotma Rido Ranto Siregar S. Ag, Camat Angkola Timur Cos Riady Siregar SH MM yang diwakili Sekcam Arlin Efendi Siregar S.Sos, Ketua Forkala, Ketua Dewan Kesenian Tapsel, Kepala.Sekolah dan undangan lainnya.

“Sebelumnya Kadis Pendidikan Kabupaten Tapanuli Selatan Arman Pasaribu S. Sos M. Si diwakili Kabid Kebudayaan Hotma Rido Ranto Siregar S. Ag menyampaikan kegiatan festival budaya Tapsel ini dilaksanakan dalam rangka mewujudkan visi misi Pemkab Tapsel dibawah kepemimpinan Bupati H.Dolly Pasaribu SPT MM dan memeriah Hari Jadi Kabupaten Tapanuli Selatan yang ke-73.

Kegiatan festival ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menggali minat dan bakat siswa/i yang ada di Tapanuli Selatan sehingga memiliki karakter sebagai implementasi merdeka belajar (P5) Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila,” beber kordinator Festival Budaya antar Pelajar Se-Tapsel.

Diharapkannya, ” selesai acara ini muncul siswa/i yang mampu melakukan gerakan -gerakan revitalisasi bahasa daerah,” pungkas mantan Komisioner KPU Kota Padangsidimpuan.

Lebih lanjut disampaikan Hotma Rido Ranto Siregar S. Ag M. Si bahwa acara festival budaya ini dilaksankan 6 (enam) hari yang bertempat di Lapangan Sepak bola SMPN 1 Angkola Timur.

Disampaikan rangkaian kegiatan yaitu 3 (tiga) hari festival tor-tor, onang-onang, berbalas pantun dan makkobar. Kemudian 3 (tiga) hari lomba puisi, berbahasa daerah, lomba tari kreasi tingkat SD/MIN, Tingkat SMP/MTs Se-Kabupaten Tapanuli Selatan. (JN-Irul