60 Pelajar Pematangsiantar Dikukuhkan sebagai Anggota Paskibraka 2024

P.SIANTARSebanyak 60 pelajar Kota Pematangsiantar dikukuhkan sebagai anggota Paskibraka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79, tingkat Kota Pematangsiantar Tahun 2024, di Ruang Serbaguna Pemko Pematangsiantar, Kamis (15/8/2024) sore.

Wali Kota Pematangsiantar, Susanti Dewayani sebagai Pembina Upacara sedangkan Pemimpin Upacara anggota Paskibraka Tahun 2024, Hanna Theresya Simamora siswi SMA Negeri 1 Kota Pematangsiantar.

Prosesi pengukuhan yang diawali pengantar Pengukuhan oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Pematangsiantar Ali Akbar diikuti 60 orang anggota Paskibraka, yaitu 31 orang putra dan 29 orang putri.

Saat pengukuhan, Susanti secara simbolis menyematkan lencana dan pemasangan kendit kepada Pemimpin Upacara Hanna Theresya Simamora.

Selanjutnya, setiap anggota Paskibraka memberi Hormat kepada bendera merah putih dan menciumnya secara bergantian diiringi lagu Padamu Negeri.

Susanti mengucapkan selamat kepada para pelajar yang telah diberi amanah sebagai Paskibraka 2024.

“Pengukuhan awal untuk terus melaju demi Indonesia maju. Jiwa patriotisme dan kepemimpinan yang dibentuk selama pelatihan harus diintepretasikan dalam kehidupan sehari-hari,” pesan Susanti.

Susanti juga mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada para orang tua yang telah mendorong dan memotivasi anak-anaknya sehingga mampu bertahan hingga menerima amanah mengemban tugas sebagai Paskibraka.

“Kepada pembina, pamong, dan pelatih saya juga ucapkan terima kasih atas jerih payah dan kesabaran selama ini,” sebut Susanti.

Ia berharap jiwa kepemimpinan dan semangat bela negara dapat tertanam pada setiap anggota Paskibraka.

“Mudah-mudahan jiwa kepemimpinan dan semangat bela negara dapat tumbuh kuat sehingga anggota Paskibraka menjadi generasi emas,” lanjut Susanti.

Lebih lanjut, Susanti meminta anggota Paskibraka agar menanamkan dalam hati prinsip rela berkorban demi keutuhan bangsa dan negara.

“Jadilah teladan yang baik di mana pun berada. Selamat bertugas pada upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dan upacara penurunan bendera pada tanggal 17 Agustus 2024,” ucap Susanti.(kb/rp)