Wali Kota Irsan Efendi Nasution Hadiri Acara Digital Goverment Award SPBE Summit 2023 di Jakarta 

SIDEMPUAN– Wali kota Padang Sidempuan Irsan Efendi nasution, SH, MM menghadiri acara Digital Goverment Award Sistem Pemerintaha Berbasis Elektronik (SPBE) Summit 2023 di Hotel Kempinski Grand Ballroom Jakarta, Senin, 20 Maret 2023.

Peluncuran Reformasi Birokrasi Tematik merupakan bentuk penerjamahan Presiden dalam rangka pengentasan kemiskinan, peningkatan investasi, digitalisasi administrasi pemerintahan dan percepatan prioritas aktual Presiden.

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas mengatakan, SPBE menjadi kunci untuk mengefisienkan dan mengefektifkan kinerja pemerintah dalam melayani publik.

“Tidak ada rumusnya pelayanan publik bisa makin cepat dan mudah tanpa teknologi, tanpa digitalisasi. Itu kuncinya. Ketika negara indeks SPBE-nya bagus, maka kemudahan berusahanya bagus, artinya pelayanan investasinya bagus indeks persepsi korupsinya dan penegakan hukum juga bagus,” ujar Anas.

Meski pemerintahan digital menjadi kunci, Anas menekankan SPBE bukan berarti semua instansi pemerintah berlomba membikin aplikasi. Saat ini ada sekitar 27.000 aplikasi layanan dari pusat sampai daerah. Presiden Jokowi telah memberi arahan untuk mewujudkan pelayanan digital yang mudah dan ringkas.

“Kalau selama ini kan rakyat misalnya mau akses layanan sektor A, maka dia download aplikasinya, bikin akun, dan isi begitu banyak data. Lalu besoknya mau akses layanan B, harus download aplikasi lainnya, bikin akun lagi, dan isi begitu banyak data. Artinya ini perlu diefektifkan biar hemat waktu, juga hemat kuota internet,” ujar Anas.

Anas menjelaskan jumlah komplain terkait layanan digital pemerintah sejak 2020-2022 yang mencapai 10.799 komplain. “Di antara komplain itu adalah warga protes, kan kemarin sudah isi data di aplikasi sebelumnya, ini masuk aplikasi lain yang sektornya berkaitan disuruh isi data lagi,” ujar Anas.

Sementara itu Wali kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution usai acara mengatakan Pemko Padang Sidempuan siap untuk menindaklanjuti instruksi dari pemerintah pusat salah satunya dengan meningkatkan pelayanan publik ke arah yang lebih baik.

Menurutnya dengan adanya SPBE Summit 2023, pembangunan layanan digital berbasis masyarakat (citizen centric) diharapkan segera terwujud. Selain itu tim koordinasi SPBE diperkuat menjadi Digital Transformation Agent (DTA) guna memastikan manajeman perubahan dan operasional layanan digital.

Beliau berharap SPBE Summit 2023, dapat merciptakan penyederhanaan proses bisnis menuju tematik layanan digital, dan interopebilitas data dan aplikasi melalui pemanfaatan arsitektur SPBE.

Hadir pada SPBE Summit 2023 tersebut, Menteri PAN RB Azwar Anas, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Moh. Mahfud MD, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan,

Dan Wali kota Padang Sidempuan yang juga didampingi Asisten Adminstrasi Umum Setda Padang Sidempuan Hamdan Sukri, Kadis Kominfo Nurcahyo B Susetyo, Kabag Organisasi Holidin & Kabag Protokol & Komunikasi Pimpinan Aditya Saputera. (JN-Irul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *