Wakil Bupati Karo Tinjau Normalisasi Lahar Dingin di Sukatendel

KARO – Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting, meninjau normalisasi material lahar dingin di Dusun Bekerah, Desa Sukatendel, Kecamatan Tiga Nderket, Rabu (08/9/2021).

Wakil Bupati Karo Theopilus datang bersama Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Edward Sinulingga, Camat Tiga Nderket Amri Ginting, dan Kepala Desa Sukatendel Dewanto Sukatendel.

Seperti diketahui, dampak dari lahar dingin yang melanda baru-baru ini membuat jalur laharan dan jembatan Sabo Dam meluber ke pemukiman warga dan lahan pertanian. Hal ini terjadi lantaran material kayu, bebatuan menyumbat di jembatan Sabo Dam tersebut.

Dalam normalisasi ini pihak Pemkab Karo menurunkan satu unit Excavator dan dibantu satu unit Excavator lagi dari Balai Wilayah Sungai II Kementrian PUPR untuk mempercepat Proses normalisasi jalur laharan tersebut.

Wakil Bupati Karo mengimbau kepada warga yang bermukim di sekitar bantaran sungai aliran lahar dingin Gunung Sinabung agar tetap waspada dan tidak mendekati aliran sungai pada saat terjadi hujan deras di puncak Gunung Sinabung dikarenakan potensi lahar dingin masih dapat terjadi sewaktu-waktu.

“Terlebih Situasi Saat ini menurut BMKG cuaca ekstrim, potensi hujan lebat, angin kencang, bisa terjadi kapan saja. Jadi, dihimbau kepada masyarakat Tanah Karo khususnya dijalur laharan untuk tetap waspada, “katanya, Rabu (08/9/2021).

Sementara itu, Kepala Desa Sukatendel Kecamatan Tiganderket, Kabupaten Karo Dewanto Sukatendel mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Karo.

“Terimakasih atas pengadaan alat berat untuk menormalisasi jalur laharan, sehingga akses jalan bisa lancar kembali dan jalur laharan bisa bersih dari material yang menyumbat jembatan SaboDam laharan.

” Kami di sini berharap kepada Pemkab Karo, melalui Wakil Bupati untuk memperhatikan dan bisa membantu warga akibat dari dampak laharan, karena puluhan hektar lahan pertanian rusak, ” tuturnya. (Jai)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *