Wakil Bupati Karo Sambut Kunjungan Komisi III DPR RI

KAROWakil Bupati Karo Theopilus Ginting menyambut kunjungan Tim Komisi III DPR RI dan rombongan diruang aula Kantor Bupati Karo dipimpin ketua Tim Junimart Girsang, Senin (27/9/2021) siang. Kunjungan Tim komisi II DPR RI terkait spesifik kasus pertanahan di Kabupaten Karo.

Junimart Girsang selaku Ketua Tim Komisi III DPR RI menyampaikan,” kunjungan spesifik ini sesungguhnya bagian dari program DPR RI dan pertemuan hari ini sama dengan pertemuan di DPR RI sebagai Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Forkompinda Kabupaten Karo,”jelasnya.

Dalam penjelasannya dalam pertemuan tersebut, Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting menyampaikan bahwa,” terkait atas permasalahan mendapatkan hak atas tanah, Pemerintah Kabupaten Karo selalu berkoordinasi dengan pihak ataupun instansi terkait untuk memfasilitasi permasalahan Tanah, sehingga masyarakat mendapatkan hak, sesuai dengan syarat dan ketentuan yang ditetapkan.

“Terkait atas penghentian sementara aktivitas PT BUK sesuai surat edaran Bupati Karo, Wakil Bupati Karo kembali menjelaskan dimana pada tanggal 30 Juli 2021, Bupati Karo telah mengeluarkan Surat nomor 503/1526/Bpmptst/2021,dimana pemberhentian sementara kegiatan PT BUK untuk menjaga konflik dengan masyarakat, jadi surat tersebut dikeluarkan oleh Bupati Karo untuk menjaga adanya konflik dilapangan,” tegas Wakil Bupati Karo.

Dalam akhir pertemuan itu, Junimart Girsang mengambil kesimpulan terkait sengketa lahan PT BUK dan masyarakat bahwasanya,” kami dari Komisi II sesungguhnya,berharap semua ini bisa clear, dan semua dari hasil pertemuan ini kami harapkan kepada BPN supaya melakukan pengukuran ulang terhadap HGU tersebut,”pintanya.

Lebih lanjut Junimart menyampaikan, bahwa dirinya tidak tahu ada yang klaim Lahan ada sebelah kiri, kanan, jadi diukur ulang saja, nanti kan tahu sesungguhnya mana hak dari PT BUK.
“Saran dari kami komisi II DPR RI, silahkan PT BUK dan masyarakat (Poktan) atau perwakilan melalui kuasa hukum nya, atau siapapun itu untuk melakukan koordinasi dan komunikasi dan mengarahkan Ketua DPRD Karo agar mengawal kasus ini, “ tegas anggota DPR RI dari fraksi PDIP ini.

Turut hadir kunjungan spesifik, Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia Tanjung, Ketua DPRD Karo, Iriani Br Tarigan, anggota DPRD Ferianta Purba,SE, Pujiati Ginting, Kakanwil Provinsi Sumut, Kakan Karo, Dirjen ATR/BPN Pusat, perwakilan Polres Tanah Karo, perwakilan Kodim 0205/TK, Ketua DPD PMS Kabupaten Karo Beres Brahmana, Ketua DPC Projo Kabupaten Karo Lloyd Ginting, dan masyarakat Desa Kacinambun Kecamatan Tigapanah Kabupaten Karo dengan tetap melaksanakan prokes. (Jai)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *