Wakil Bupati Karo Gelar Bakti Sosial Pemeriksaan Kanker

KARO – Yayasan Kanker Indonesia Kabupaten Karo menggelar bakti sosial pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat test, di Puskesmas Korpri Kecamatan Berastagi, Jumat (10/9/2021). Bakti sosial sebagai upaya deteksi dini tersebut demi mewujudkan wanita Indonesia khususnya Kabupaten Karo bebas kanker leher rahim.

IVA Test adalah pemeriksaan leher rahim yang juga bisa digunakan sebagai Pendeteksi pertama sehingga menjadi solusi terbaik sehingga masyarakat Diharapkan dapat mengetahui cara mengantisipasi penyakit tersebut.

Ketua YKI Kabupaten Karo, Vera Rika Theopilus Ginting, menyebutkan, pelaksanaan IVA test ini sangat penting bagi kaum perempuan untuk mendeteksi dini. Sekaligus mencegah pertumbuhan kanker serviks dan mulut rahim pada kaum perempuan.

“IVA test tidak akan menimbulkan rasa sakit dan dinilai efektif mendeteksi dini kanker Serviks,” ungkap Vera. Vera mengutarakan, dengan adanya program ini memberikan edukasi dan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di Kabupaten Karo. Sehingga dapat mencapai hasil lebih baik dalam pengendalian kanker dan menekan pertumbuhan kanker tersebut.

“Oleh sebab itu, bagi saudara yang melaksanakan pemeriksaan IVA test pada hari ini, diharapkan dapat menjadi corong bagi masyarakat, bahwa pemeriksaan IVA Test tidaklah menakutkan seperti yang kita bayangkan,” ungkapnya.

Wakil Bupati Karo, Theopilus Ginting, menyampaikan, kegiatan ini merupakan program pertama YKI yang baru terbentuk di Kabupaten Karo. Sehingga dapat mencegah perkembangan penyakit kanker di Kabupaten Karo.

“Kami berharap kegiatan ini terus berkesinambungan, terutama untuk mencegah perkembangan penyakit kanker di Kabupaten Karo, kami pemerintah siap mendukung kegiatan ini,” ungkap Theopilus.

Semoga kegiatan ini, harapnya, dapat berguna bagi masyarakat Karo. Khususnya ibu-ibu yang menjalani pemeriksaan hari ini. “Apa yang menjadi imbauan pada pemeriksaan IVA test ini nantinya benar-benar dapat dijalankan. Karena ibu-ibu merupakan tonggak pembangunan yang dimulai dari keluarga,” tandasnya.

Turut hadir Kadis Kesehatan Karo drg Irna Safrina, Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Karo Hesti Maria Br Tarigan, Plt Camat Berastagi Ijin Gurusinga, Sekretaris YKI Karo Evi Mona Milala, TP PKK Karo dan Kecamatan Berastagi.(Jai)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *